Jogja
Senin, 2 Oktober 2017 - 13:40 WIB

PERTANIAN GUNUNGKIDUL : Petani Jangan Terburu-Buru Menanam

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah seorang penyuluh pertanian, Tugimin saat berada di halaman Kantor Badan Penyuluhan Pertanian Kecamatan Wonosari yang dipenuhi selada air yang ditanam dengan metode hidroponik, Minggu (26/3/2017). (JIBI/Irwan A. Syambudi)

Petani Gunungkidul disarankan tak segera menanam tanaman kendati telah turun hujan saat ini.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Turunnya hujan selama sepekan terakhir seakan membawa berkah tersendiri bagi petani di Gunungkidul agar segera dapat menanam bibit. Namun demikian Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul mengimbau agar petani tak terburu-buru menanam.

Advertisement

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan intensitas hujan yang terjadi selama sepekan terkahir masih rendah. Sehingga pihaknya belum menganjurkan untuk para petani mulai menam bibit padi ataupun jagung. “Kalau mulai tanam sekarang bibit menjadi rawan mati karena intensitas hujan masih rendah,” kata dia, Minggu (1/10/2017).

Menurut prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) musim hujan di Gunungkidul baru akan terjadi pada akhir Oktober atau awal November 2017. Oleh sebab itu pihaknya telah memberikan himbauan melalui surat yang ditujukan kepada kepada kelompok petani agar melakukan persiapan masa tanam terlebih dahulu, dengan melakukan pengolahan lahan.

“Pada awal bulan ini justru merupakan puncaknya kemarau. Dan meski musim kemarau bukan berarti tidak ada hujan sama sekali, hujan masih tetap ada dengan intensitas yang sangat ringan. Jadi petani jangan terkecoh hujan di tengah kemarau,” ujarnya.

Advertisement

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Karya Tani, Wareng I, Kecamatan Wonosari, Sudadi mengatakan telah melakukan perisapan untuk musim tanam tahun ini. Setelah beberapa waktu lalu selesai memanen tembakau, rencananya pada musim hujan tahun ini dia akan menanam padi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif