Sport
Senin, 2 Oktober 2017 - 13:28 WIB

LIGA INGGRIS : Wenger Pecahkan Rekor Ferguson

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Arsene Wenger (JIBI/Reuters/Toby Melville)

Liga Inggris diwarnai dengan Arsene Wenger yang memecahkan rekor Alex Ferguson.

Solopos.com, LONDON — Arsene Wenger menyandang status sebagai pelatih terlama Liga Premier yang masih aktif sejak Sir Alex Ferguson memutuskan pensiun menukangi Manchester United pada 2013 silam.

Advertisement

Minggu (1/10/2017) kemarin, Wenger tepat 21 tahun menukangi Arsenal. Banyak tim yang sudah menjadi korban kakek berusia 67 tahun tersebut. Tim promosi, Brighton & Hove Albion, pun menjadi korban ke-45 Wenger dalam sejarah karier kepelatihannya Liga Premier Inggris.

Raihan itu memecahkan rekor Ferguson yang mampu mengalahkan 44 tim berbeda di kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Negeri Ratu Elizabeth II tersebut. Kemenangan pasukan Wenger atas Brighton terjadi di matchday ketujuh Liga Premier di Stadion Emirates, London, Minggu malam WIB. Arsenal menundukkan tim promosi tersebut dua gol tanpa balas.

Dua gol tim berjuluk The Gunners tersebut dilesakkan Nacho Monreal pada babak pertama dan Alex Iwobi pada babak kedua. Berkat kemenangan ini, Arsenal akhirnya merangkak ke papan atas klasemen sementara Liga Inggris. Sebelumnya, The Gunners terseok-seok sebagai medioker setelah dipermalukan 0-4 di kandang Liverpool.

Advertisement

“Saya sadar, setelah laga di Liverpool semua orang mencoret kami, namun kami bangkit merespons itu. Kami merespon bersama-sama untuk menang dan bermain dengan performa bagus,” jelas Wenger, seperti dilansir Football.london.

Tanpa Mesut Ozil yang cedera, Arsenal berusaha tampil menyerang sejak menit awal. Hasilnya, tim asal London Utara ini bisa pecah telur pada menit ke-16 lewat gol Monreal. Gol itu berawal dari tendangan penalti Granit Xhaka yang dicocor Monreal ke gawang Brighton. Dalam catatan Opta, ini merupakan gol pertama Monreal sejak ia menjebol gawang Swansea City pada 16 Maret 2013 alias 1.660 hari silam.

Iwobi yang dimainkan sebagai starter di laga ini juga tidak menyia-nyiakan kepercayaan dari Wenger.  Pemuda berusia 21 tahun tersebut berhasil menuntaskan kerja sama apik pemain-pemain Arsenal saat menembus pertahanan Brighton. Iwobi dengan gesit meneruskan umpan back-heel Alexis Sanchez untuk memastikan timnya menang 2-0 pada pertandingan ini.

Advertisement

“Dia [Iwobi] pemain dengan kemampuan apik. Kami ingin bola dan gol yang baik. Seorang pemain sepertinya bisa mencetak 10 gol dan 5 hingga 6 assist,” jelas Wenger.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif