Foto Ilustrasi Pemilihan Umum JIBI/Harian Jogja/Antara
Senin, 2 Oktober 2017 22:05 WIB Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com Madiun Share :

KPU Madiun Siap Verifikasi Parpol Baru Calon Peserta Pemilu 2019

Ada tiga partai politik baru yang mendaftar ikut kontestasi politik di Kota Madiun pada Pemilu 2019.

Solopos.com, MADIUN — Tiga partai politik baru mendaftar untuk mengikuti pertarungan politik di Kota Madiun pada Pemilu 2019. Tiga parpol baru itu adalah Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Berkarya.

“Saat ini sudah ada tiga parpol baru yang datang ke KPU Kota Madiun, tiga parpol baru tersebut yaitu Partai Perindo, PSI, dan Partai Berkarya,” kata Ketua KPU Kota Madiun, Sasongko, seusai sosialisasi tahapan program dan jadwal Pemilu 2019 di Madiun, Senin (2/10/2017).

Dia menuturkan verifikasi dan penerimaan dokumen pendaftaran partai politik peserta Pemilu dilaksanakan 3-16 Oktober 2017. Verifikasi akan dilakukan untuk partai politik baru.

Sasongko menambahkan proses verifikasi parpol baru dimulai dari administrasi dan lokasi kantor sekretariat hingga kepengurusan partai politik tersebut. “Pada 3-16 Oktober, parpol menyerahkan fotokopi KTP disertai KTA. Sudah ada daftar formulirnya juga. Kami akan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Apakah dokumen itu sesuai sistem informasi parpol atau belum. Kalau belum sesuai akan dikembalikan ke parpol bersangkutan,” terang dia.

Dalam ketentuan Peraturan KPU No. 11/2017 tentang Penyelenggaraan Pemilu tahun 2019, setiap parpol peserta Pemilu minimal memiliki anggota minimal 1/1000 dari jumlah penduduk kabupaten/kota. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Kota Madiun, Mualim Al Maruf, mengatakan telah mempersiapkan segala persyaratan untuk mengikuti Pemilu 2019 sejak lama.

Dia menuturkan anggota baru PSI sudah cukup memenuhi syarat untuk ikut Pemilu 2019. “Kita ini partai baru yang motornya anak muda. Bahkan banyak anggota parpol ini yang belum pernah ikut partai lain,” ujar dia.

 

lowongan pekerjaan
marketing, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

PENGHUJAN 2017
BPBD Jateng: Jangan Main Ponsel saat Hujan!

Penghujan 2017 disongsong BPBD Jateng dengan mengingatkan masyarakat agar tak menggunakan telepon seluler saat hujan. Solopos.com, SEMARANG — Menjelang puncak musim penghujan 2017, masyarakat Jawa Tengah diingatkan agar tidak menggunakan pesawat telepon seluler (ponsel) saat hujan. Bermain ponsel saat hujan…