Koin dari Romawi yang ditemukan di ladang (Mirror.co.uk) Koin dari Romawi yang ditemukan di ladang (Mirror.co.uk)
Senin, 2 Oktober 2017 23:45 WIB JIBI/Solopos/Newswire Internasional Share :

KISAH UNIK
Pria Inggris Temukan Koin Langka Senilai Rp3,6 Miliar di Ladang

Kisah unik seorang pria asal Inggris menemukan koin langka dari Romawi.

Solopos.com, SOLO – Sejarawan amatir Mike Smale menemukan koin kuno senilai 200.000 poundsterling atau setara Rp3,6 miliar. Koin itu ditemukan saat berburu harta karun dengan teman-teman dari klub Southern Detectorists.

“Ini merupakan penemuan besar. Sangat menyenangkan dan saya bertahan dengan itu,” ujar Mike, dari Plymouth, Devon seperti dikutip Okezone dari Metro.co.uk, Senin (2/10/2017).

Koin 600 dinar langka ditemukan di ladang di Bridport. Koin langka tersebut dicetak pada pemerintah Romawi kuno Mark Anthony yang berumur pendek saat ia bersekutu dengan Cleopatra.

Sean MacDonald mengorganisir pemburu deteksi logam. Ia berkata Bridport merupakan area pecahan, area itu sangat kaya akan sejarah, tapi temuan seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.

“Saya gembira dan gemetar karena ini merupakan penemuan sekali seumur hidup. Para arkeolog yang menggali itu tak percaya apa yang mereka lihat karena koin-koin ini sangat langka,” kata pria 47 tahun itu.

Pakar koin Dominic Chorney mengatakan, “koin seperti ini sangat menarik, dan sangat penting dalam menyoroti sejarah Romawi Inggris. Koin Republican dan orang-orang Antonius dikeluarkan sebelum invasi Romawi ke Inggris pada 43 M dan ia [koin] hanyut di kantong tentara Romawi dan warga negara”.

Deteksi logam menjadi lebih populer setelah sitkom BBC Detectorist kali pertama ditayangkan pada 2014, yang menampilkan Mackenzie Crook dan Toby Jones mencari harta karun di Essex.

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

BERITA TERPOPULER
Crane Ambruk Hingga Cerita Foto Jokowi Lap Sepatu Pakai Tisu

Berita terpopuler Solopos.com hari ini adalah berita tentang Crane pembangunan hotel roboh menimpa rumah Ketua RT. Solopos.com, SOLO – Kecelakaan kerja terjadi dalam proses pembangunan Hotel Swiss Bell di Kampung Cinderejo Lor, RT002/RW006, Gilingan, Banjarsari, Solo. Crane milik PT Surya…