Taruna dan taruni Akademi Perkeretaapian (API) serta Komunitas Pencinta Kereta Api mencuci lokomotif BB30125 di Dipo Lokomotif PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi VII Madiun, Minggu (1/10/2017).(JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo) Taruna dan taruni Akademi Perkeretaapian (API) serta Komunitas Pencinta Kereta Api mencuci lokomotif BB30125 di Dipo Lokomotif PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi VII Madiun, Minggu (1/10/2017).(JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)
Senin, 2 Oktober 2017 17:05 WIB JIBI/Solopos/Antara Madiun Share :

HARI KERETA API
Railfans dan Taruna API Mencuci Lokomotif Tua di Madiun

Hari Kereta Api diperingati di Madiun dengan mencuci lokomotif tua.

Solopos.com, MADIUN – Komunitas Railfans bareng taruna-taruni Akademi Perkeretaapian Indonesia (API), Minggu (1/10/2017), mencuci kereta tua yang habis masa baktinya di Depo Lokomotif PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) VII Madiun.

“Kegiatan ini dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kereta Api, juga sekaligus mewujudkan rasa cinta para pencinta kereta api yang tergabung dalam Railfans, taruna-taruni Akademi Perkeretaapian Indonesia dan kami dari PT KAI terhadap lokomotif BB30125. Hari ini dilakukan pencucian karena lokomotif sudah lama tidak dipakai,” kata Pejabat Humas PT KAI Daops VII Madiun, Supriyanto.

Dia menjelaskan lokomotif buatan Jerman yang beroperasi sejak 1965 tersebut sebenarnya masih berfungsi dan layak dipakai, namun karena alasan masa baktinya sudah habis maka tidak akan digunakan lagi.

Sebelum dinyatakan habis masa baktinya, ungkap Supriyanto, lokomotif tersebut sempat dipakai untuk menarik rangkaian KA Madiun Ekspress relasi Madiun-Surabaya dan sebaliknya sekitar 2006 lalu. Selain itu, BB30125 juga sering digunakan untuk langsiran kereta Bahan Bakar Minyak (BBM) milik Pertamina ke Depo Pertamina tak jauh dari Stasiun KA Madiun.

Supriyanto menjelaskan sejak sekitar satu setengah tahun lalu ada dua unit lokomotif yang dinyatakan habis masa baktinya dan telah diganti dengan lokomotif baru.

“Dua lokomotif yang telah dihentikan tersebut telah kita ganti dengan lokomotif baru. Sebanyak sembilan lokomotif yang ada di Daops VII Madiun dalam kondisi baik, bisa mengatasi seluruh perjalanan kereta api setiap harinya,” ungkap dia.

lowongan pekerjaan
Marketing dan Surveyor, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

PENGHUJAN 2017
BPBD Jateng: Jangan Main Ponsel saat Hujan!

Penghujan 2017 disongsong BPBD Jateng dengan mengingatkan masyarakat agar tak menggunakan telepon seluler saat hujan. Solopos.com, SEMARANG — Menjelang puncak musim penghujan 2017, masyarakat Jawa Tengah diingatkan agar tidak menggunakan pesawat telepon seluler (ponsel) saat hujan. Bermain ponsel saat hujan…