Foto
Senin, 2 Oktober 2017 - 05:50 WIB

FOTO HARI ASYURA : Buka Luwur Kudus Diwarnai Nasi Jangkrik

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga mengantre nasi jangkrik saat puncak acara tradisi Buka Luwur Sunan Kudus di kawasan Masjid Menara Kudus, Jateng, Sabtu (30/9/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Hari Asyura di Kudus dbukai tradisi Buka Luwur.

Hari Asyura yang diperingati umat muslim setiap 10 Muharam di kawasan Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah diwarnai Buka Luwur Sunan Kudus, yakni tradisi membuka luwur atau kain kelambu penutup makam Sunan Kudus. Hari penting dalam kalender Hijriah itu bersamaan dengan haul salah seorang wali songo yang diyakini sebagian kalangan sebagai tokoh utama penyebaran Islam di Pulau Jawa itu.

Advertisement

Warga mengantre di salah satu pos pembagian nasi jangkrik penanda tradisi Buka Luwur Sunan Kudus di kawasan Masjid Menara Kudus, Jateng, Sabtu (30/9/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Sebagai penanda tradisi Buka Luwur Sunan Kudus itu dibagikan bungkusan nasi berlauk khas yang dikenal dengan nasi jangkrik. Untuk mendapatkannya, warga harus mengantre di sejumlah pos yang telah ditentukan. Sebanyak 30.465 bungkus nasi jangkrik atau nasi berlauk daging kerbau dan kambing yang dibungkus daun jati itu, Sabtu (30/9/2017), dibagikan kepada warga dari berbagai daerah sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah sandang dan pangan serta mengajarkan untuk saling berbagi.

KLIK DI SINI untuk Berita Lengkapnya
KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif