Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok) Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)
Senin, 2 Oktober 2017 01:00 WIB JIBI/Solopos.com/Okezone Sains Share :

Di Polandia, KTP Elektronik Bakal Langsung Terhubung Telepon

Pemerintah Polandia sedang menyiapkan perubahan undang-undang untuk mengakomodasi kebijakan ini.

Solopos.com, WARSAWA – Pemerintah Polandia membuat terobosan baru yang memungkinkan warganya untuk mengakses kartu identitas (KTP) dari ponsel mereka. Warga Polandia bisa membawa KTP versi elektronik yang bisa diakses dari telepon seluler.

“Saya berharap Polandia, yang dikenal di Eropa karena keterbukaan mereka terhadap teknologi baru akan menjadi pengguna terdepan sistem tersebut,” kata Menteri Digital Polandia, Anna Strezynska dilansir Mashable mengutip Kantor Berita Polandia, PAP, Jumat (30/9/2017).

Ia menyatakan bahwa pemerintah sedang menyiapkan perubahan undang-undang saat ini, sehingga warga Polandia bisa mengeluarkan telefon saat mereka perlu menunjukkan KTP kepada petugas polisi dan lain-lain.

Warga Polandia, yang jumlahnya sebanyak 38 juta itu nantinya bisa menyimpan KTP mereka di cloud dan bisa mengeluarkan dokumen di telefon seluler mereka menggunakan kode yang diterima melalui pesan teks.

Sistem baru itu akan dilucurkan secara bertahap, dimulai dengan kalangan anak muda. Menurut Strezynska, versi ponsel dari surat izin mengemudi, dokumen pendaftaran kendaraan, kartu pelajar, dan dokumen lainnya akan menyusul.

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mencari Alamat Bahasa Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (06/01/2018). Esai ini karya Na’imatur Rofiqoh, ”pemukul” huruf dan juru gambar yang tinggal di Solo. Alamat e-mail penulis adalah naimaturr@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Bahasa Indonesia tidak lagi beralamat di Indonesia. Indonesia malah jadi tempat…