Gordon Matthew Thomas Sumner alias Sting. (Sting.com) Gordon Matthew Thomas Sumner alias Sting. (Sting.com)
Senin, 2 Oktober 2017 00:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Internasional Share :

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 2 Oktober

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 2 Oktober terangkum dalam tulisan berikut.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 2 Oktober. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 2 Oktober, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

1187
Pasukan Kekhalifahan Ayyubiyyah pimpinan Salahuddin Ayyubi berhasil merebut Yerusalem yang telah dikuasai Tentara Salib selama 88 tahun. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Kekhalifahan Ayyubiyyah melakukan pengepungan selama 12 hari.

1935
Pasukan Italia mulai menginvasi Etiopia dan memicu Perang Italia-Etipoia II yang berlangsung hingga Mei 1936. Perang itu berakhir dengan kemenangan Italia yang kemudian menguasai Etiopia hingga 1941.

Pasukan Uni Soviet penembak senapan anti-pesawat berada di atap salah satu hotel di Moskow, Rusia saat terlibat dalam Pertempuran Moskow, 1942. (Wikimedia.org)

Pasukan Uni Soviet penembak senapan anti-pesawat berada di atap salah satu hotel di Moskow, Rusia saat terlibat dalam Pertempuran Moskow, 1942. (Wikimedia.org)

1941
Pertempuran Moskow di Moskow, Rusia meletus setelah pasukan Uni Soviet melancarkan serangan terhadap pasukan Jerman yang berusaha menguasai kota tersebut. Pertempuran Moskow berlangsung hingga 7 Januari 1942 dan berakhir dengan kemenangan pasukan Uni Soviet.

Salah satu sudut Kota Warsawa luluh lantak di masa Pemberontakan Warsawa, 1944. (Wikimedia.org)

Salah satu sudut Kota Warsawa luluh lantak di masa Pemberontakan Warsawa, 1944. (Wikimedia.org)

1944
Pemberontakan yang dilakukan para gerilyawan di Warsawa, Polandia demi mengusir tentara Jerman berakhir. Meski melakukan pemberontakan selama 63 hari dan dibantu pasukan Sekutu, para pemberontak tak berhasil mengusir tentara Jerman. Pemberontakan itu justru menyebabkan Kota Warsawa luluh lantak lantaran pertempuran antara para pemberontak dan pasukan Jerman.

1951
Gordon Matthew Thomas Sumner lahir di Wallsend, Northumberland, Inggris. Kini, ia dikenal luas sebagai penyanyi, penulis lagu, sekaligus aktor dengan nama panggung Sting. Sebelum memulai kariernya sebagai penyanyi solo, Sting merupakan vokalis The Police sejak 1977 hingga 1986. Meski sempat keluar, Sting sempat kembali menjadi vokalis The Police pada 2003 dan pada 2007 hingga 2008.

1958
Guinea meraih kemerdekaan penuh dari Prancis yang menguasainya sejak 1898. Guinea merupakan negara yang beraada di wilayah Afrika Barat. Guinea terkadang disebut Guinea-Conakry untuk membedakannya dengan tetangganya, Guinea-Bissau.

1970
Pesawat yang mengangkut tim sepak bola Universitas Negeri Wichita menabrak gunung di Clear Creek County, Colorado, Amerika Serikat (AS). Kecelakaan pesawat itu disebabkan kesalahan yang dilakukan pilot. Akibatnya, sebanyak 29 orang tewas dan hanya sembilan orang yang selamat dalam kecelakaan itu.

1991
Roberto Firmino Barbosa de Oliveira lahir di Macelo, Brasil. Kini, namanya dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub besar di Inggris, yakni Liverpool. Sejak bergabung dengan Liverpool pada 2015 silam, Firmino telah mencetak 23 gol dari 72 penampilannya di Liga Inggris.

2009
United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB secara resmi menetapkan batik sebagai warisan budaya manusia untuk dunia dari Indonesia. Hari penetapan UNESCO itu lantas diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

2010
Tabrakan antara Kereta Api Argo Bromo Anggrek jurusan Jakarta-Surabaya dengan KA Senja Utama Semarang jurusan Jakarta-Semarang terjadi di Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah (Jateng). Kecelakaan ini terjadi ketika KA Senja Utama sedang berhenti sekitar 100 m di jalur III sebelah barat Stasiun Petarukan, Pemalang. KA Argo Bromo Anggrek yang seharusnya melewati jalur II untuk menyalip justru melaju di jalur yang sama dengan yang digunakan KA Senja Utama. Akibat tabrakan tersebut, 36 orang tewas dan 50 orang lainnya luka-luka. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 1 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 30 September
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 29 September

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

BERITA TERPOPULER
Crane Ambruk Hingga Cerita Foto Jokowi Lap Sepatu Pakai Tisu

Berita terpopuler Solopos.com hari ini adalah berita tentang Crane pembangunan hotel roboh menimpa rumah Ketua RT. Solopos.com, SOLO – Kecelakaan kerja terjadi dalam proses pembangunan Hotel Swiss Bell di Kampung Cinderejo Lor, RT002/RW006, Gilingan, Banjarsari, Solo. Crane milik PT Surya…