Jogja
Senin, 2 Oktober 2017 - 16:20 WIB

Ada Banyak Posko Baru untuk Penarikan Pajak MBLB, Truk Pasir Jadi Sasaran Utama

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Truk pengangkut pasir dari lokasi penambangan Kali Progo di Banaran Galur. (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Badan Keuangan dan Aset Daerah akan mendirikan sejumlah posko pajak mineral bukan logam dan batuan (MBLB) di sejumlah titik wilayah penambangan

Harianjogja.com, KULONPROGO– Badan Keuangan dan Aset Daerah akan mendirikan sejumlah posko pajak mineral bukan logam dan batuan (MBLB) di sejumlah titik wilayah penambangan. Hal itu diharapkan mengoptimalkan penarikan pajak dan retribusi sehingga meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Advertisement

Kepala Bidang BKAD Kulonprogo, Sunarya mengatakan, potensi MBLB yang melimpah sudah semestinya memberikan kontribusi yang besar pula bagi pendapatan daerah.

“Nanti akan didirikan beberapa pos untuk mengontrol keluar dan masuknya truk pembawa pasir. Lokasinya diusahakan agar setiap truk melewati pos itu,” ujar Sunarya, Minggu (1/10/2017).

Sunarya memaparkan, petugas posko akan mendata material yang diangkut setiap truk untuk dilaporkan kepada BKAD Kulonprogo. Dia berharap langkah itu bisa mengurangi tingkat kerawanan kebocoran pajak sehingga meningkatkan pendapatan daerah.

Advertisement

“Penarikan pajak dan retribusi oleh pemerintah daerah perlu dilakukan sebagai kontribusi bagi pemasukan PAD dan konsekuensi adanya eksplorasi sumber daya,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif