Citra Google Maps yang mengindikasikan lewat rudal balistik Korut. (Istimewa) Citra Google Maps yang mengindikasikan lewat rudal balistik Korut. (Istimewa)
Minggu, 1 Oktober 2017 17:30 WIB JIBI/Solopos.com/Newswire Internasional Share :

Rudal Balistik Korut Dipindah dari Pyongyang

Laporan tersebut tidak dengan spesifik menyebutkan keterangan waktu dan tempat rudal tersebut dipindahkan.

Solopos.com, PYONGYANG – Laporan investigasi media Korea Selatan (Korsel) mengungkap adanya sejumlah rudal milik Korea Utara yang terlihat berpindah dari fasilitas roket di Pyongyang pada Jumat (29/9/2017) malam. Laporan tersebut muncul saat adanya spekulasi bahwa Korut sedang mempersiapkan tindakan yang semakin provokatif.

Reuters mengutip Korean Broadcasting System (KBS), Sabtu (30/9/2017), laporan intelijen mendeteksi rudal yang dirikim dari Fasilitas Penelitian dan Pengembangan Rudal Korea Utara di Sanum-dong, bagian utara Pyongyang.

Akan tetapi, laporan tersebut tidak dengan spesifik menyebutkan keterangan waktu dan tempat rudal tersebut dipindahkan. Rudal tersebut bisa berupa rudal balistik jarak mengengah Hwasong-12 atau jarak antarbenua Hwasong-14.

Sumber dari Kementerian Pertahanan Korsel menyebut dirinya tidak bisa mengkonfirmasi rincian laporan tersebut maupun terdapat kegiatan yang tidak wajar pada wilayah dimaksud.

Pemerintah Korsel akan menyayangkan tindakan provokatif yang mungkin diakukan oleh Korut menjelang peringatan ulang tahun berdirinya partai komunis pada 10 Oktober atau saat China mengadakan Kongres Partai Komunis pada 18 Oktober 2018.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…