Ilustrasi kampung wisata (JIBI/Harian Jogja/Dok.) Ilustrasi kampung wisata (JIBI/Harian Jogja/Dok.)
Minggu, 1 Oktober 2017 17:40 WIB Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

PARIWISATA JOGJA
Jangan Lupa Ada Festival Kampung Wisata

Dinas Pariwisata Kota Jogja akan menggelar Festival Kampung Wisata 2017

Solopos.com, JOGJA— Sejumlah Kampung Wisata di Kota Jogja akan mengikuti Festival Kampung Wisata 2017, yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Jogja. Festival akan digelar pada 2 Oktober hingga 4 Oktober 2017 di XT Square Yogyakarta.

Festival yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut akan menampilkan potensi dari 17 kampung wisata yang ada di Kota Jogja. Antara lain potensi kuliner, kerajinan, seni budaya dan atraksi bregada masing masing kampung wisata.

Dalam Festival Kampung Wisata 2017 selain menampilkan 17 booth atau stand pameran tiap kampung wisata, juga akan menampilkan kesenian unggulan dan atraksi bregada. Setiap kampung wisata akan menampilkan potensi yang menjadi karakter masing-masing kampung wisata seperti Kampung Wisata Tamansari dengan lukis batik, Tahunan dengan Jumputan, Cokrodiningratan dengan informasi kali code, Dipowinatan dengan living culture-nya, Purbayan dengan perak, Sosromenduran dengan fasilitas belanja dan akomodasinya serta masih banyak lagi yang menarik di stand kampung wisata.

Selain itu Kampung Wisata akan menampilkan pertunjukan antara lain Wayang Bocah dari Kampung Wisata Niti Sekar Gedongkiwo, Reyog Anak dari Tahunan, Gurindam Mataram dari Kauman, Teaterikal Nini Thowok dari Rejowinangun, Musik Kentongan dari Sosromenduran, dan pertunjukan kesenian

“Selain pertunjukan di atas, setiap kampung wisata juga akan menampilkan bregada andalannya untuk unjuk kemampuan berbaris versi bregada,” terang Yetti Martanti, Kepala Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Jogja, seperti dilansir, Minggu (1/10/2017).

Bregada yang ditampilkan antara lain Bregada Diponegoro dari Kampung Wisata Becak Maju Kecamatan Tegalrejo, Bregada Pangeran Benawa dari Prenggan, Kusumeng Yudho Dewo Bronto dari Brontokusuman, Bregada Jeron Betang dari Kadipaten, Bregada Wira Tirta Brata dari Warungboto dan Bregada

Ditambahkannya, Festival Kampung Wisata 2017 merupakan salah satu media untuk memotivasi dan mempromosikan keberadaan kampung wisata agar lebih siap menerima wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang berkunjung dan menikmati kampung wisata. Selain itu kegiatan ini sebagai pengembangan kampung wisata yang menjadi salah satu  alternatif daya tarik wisata agar memenuhi standar dari aspek produk, pelayanan dan pengelolaannya. Acara ini juga diselenggarakan  sekaligus sebagai rangkaian HUT Kota Jogja ke-261.

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…