Dosen Undip. Dosen FSM Undip, M. Nur (kanan), saat menjelaskan mesin penemuannya di Sekretariat Kelompok Tani Mutiara Organik, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jumat (29/9/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Humas Undip)
Minggu, 1 Oktober 2017 11:50 WIB Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

KAMPUS DI SEMARANG
Dosen Undip Ciptakan Mesin D’Ozone, Ini Kegunaannya...

Kampus di Semarang, Undip, salah seorang dosennya membuat inovasi baru di bidang perkebunan.

Solopos.com, SEMARANG – Dosen Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Muhammad Nur, membuat inovasi baru di bidang pertanian. Ia membuat mesin yang dinamakan D’Ozone, yang mampu memperpanjang masa simpan sayur dan buah menjadi tahan lebih lama.

“Mesin D’Ozone menggunakan teknologi plasma ramah lingkungan yang berfungsi untuk memperpanjang masa simpan sayur dan buah, meminimalisir pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur penyebab pembusukan pada sayur dan buah. Mesin ini juga berfungsi mengurangi pestisida yang menempel pada sayur dan buah,” jelas Nur saat memperkenalkan mesin buatannya, D’Ozone di Sekretariat Kelompok Tani Mutiara Organik, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jumat (29/9/2017).

Dikutip siaran pers yang diterima Solopos.com, Sabtu (30/9/2017), selain mesin D’Ozone, Nur juga membuat tempat penyimpanan sayur dan buah yang dinamakan Cold Storage. Cold Storage merupakan tempat penyimpanan sayur dan buah yang telah dicuci dengan ozon.

Storage itu telah dikombinasikan dengan mesin D’Ozone dan ozon yang diproduksi disalurkan melalui pipa-pipa yang terpasang dalam storage. “Fungsinya untuk mensterilkan ruangan storage dari kontaminasi mikroorganisme,” imbuh Nur.

Nur berharap teknologi dari mesin buatannya itu mampu membantu petani dalam mengawetkan sayur maupun buah hasil produksi pertanian. Selain bermanfaat untuk mengawetkan sayur dan buah, mesin buatannya itu diklaim juga mampu mempercepat tumbuhnya bibit sayuran yang telah disimpan di tempat penyimpanan, Cold Storage.

Dalam kegiatan perkenalan mesin D’Ozone dan Cold Storage itu turut hadir perwakilan dari 14 negara anggota Asian Food and Agriculture Cooperation Initiative (AFACI), antara lain Mongolia, Bangladesh, Kamboja dan Laos. AFACI merupakan organisasi negara Asia di bidang pangan dan pertanian yang bertujuan mempromosikan pertanian berkelanjutan di kawasan Asia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
Marketing dan Surveyor, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…