Ilustrasi mahasiswa baru Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. (menwa.undip.ac.id) Ilustrasi mahasiswa baru Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. (menwa.undip.ac.id)
Minggu, 1 Oktober 2017 14:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

KAMPUS DI BATANG
Pemkab Batang Gandeng Undip Semarang Bangun Fakultas Pertanian

Kampus Universitas Diponegoro (Undip) segera dibuka juga di Kabupaten Batang.

Solopos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten Batang bekerja sama dengan Universitas Diponegoro Semarang akan membangun kampus Fakultas Pertanian dan Peternakan Undip di lahan bekas PT Traktak, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng).

Sekretaris Daerah Kabupaten Batang, Nasikhin, di Batang, Kamis (28/9/2017), mengatakan bahwa Undip Semarang sudah mengajukan permohonan kerja sama dengan Pemkab Batang yang disertai dokumen analisisnya. “Saat ini, Undip sedang mengurus segala proses administrasinya. Kami berharap pada akhir tahun 2017 proses administrasi sudah selesai dan pada awal 2018 sudah bisa mulai dilakukan pembangunan fisiknya,” katanya.

Dalam waktu dekat, pemkab akan menindaklanjuti dengan melakukan studi banding ke pemerinrah daerah lain yang pernah bekerja sama dengan perguruan tinggi. Rencananya, kata dia, akan melakukan kunjungan studi banding ke Kabupaten Sumedang yang notabene telah lebih dahulu melakukan kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi.

“Nanti pada 2 Oktober 2017, kami akan berkunjung ke Kabupaten Sumedang untuk melihat bentuk kerja sama yang telah dilakukan antara pemkab setempat dengan Universitas Padjajaran (Unpad) dan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN),” katanya.

Setelah studi banding, pemkab bersama DPRD akan membahas masalah peralihan status kepemilikan tanah bekas milik PT Traktak di Kecamatan Bandar yang akan digunakan untuk pembangunan Fakultas Pertanian dan Peternakan itu. “Kami akan bicarakan dengan DPRD terkait masalah itu. Jika tanah itu harus dihibahkan maka akan kita hibahkan melalui proses peraturan yang berlaku,” katanya.

Ia mengatakan pemkab diperbolehkan memberikan hibah tanah sejauh masih sesuai peraturan serta memiliki dampak positif terhadap kepentingan masyarakat. “Yang jelas ini adalah mengenai bagaimana dengan adanya perguruan tinggi agar Kabupaten Batang bisa menjadi lebih baik lagi. Pembangunan Fakultas Pertanian dan Peternakan Undip akan berdiri di atas dua bidang tanah, seluas 10 hektare,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
PT Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…