Presiden Jokowi (berjaket merah) menonton film Pengkhianatan G30S/PKI (Setkab.go.id) Presiden Jokowi (berjaket merah) menonton film Pengkhianatan G30S/PKI (Setkab.go.id)
Minggu, 1 Oktober 2017 21:30 WIB JIBI/Solopos/Newswire Politik Share :

Isu Kebangkitan PKI untuk Gerus Dukungan Jokowi? Ini Bantahan PKS

SMRC menduga isu kebangkitan PKI dimobilisasi untuk menggerus dukungan terhadap Jokowi.

Solopos.com, JAKARTA — Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini menanggapi hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menyebut isu kebangkitan PKI sebagai hasil mobilisasi opini kekuatan politik tertentu. Dalam hal ini, terutama pendukung Prabowo dengan mesin politik PKS dan Gerindra.

“Masalah PKI ini adalah masalah bangsa dan masalah kita bersama, maka harus menjadi perhatian kita bersama,” ujar Jazuli melalui pesan singkat di Jakarta, Minggu (1/10/2017), dikutip Solopos.com dari Antara.

Jazuli menekankan isu PKI adalah masalah bersama. Bahkan, kata dia, Presiden Jokowi pun turut mengeluarkan amanat agar PKI tidak bangkit kembali.

“Pak Presiden nonton film G30S/PKI, terus amanat Pak Presiden jangan sampai PKI bangkit lagi dan tragedi G30S/PKI jangan sampai terulang. Memangnya Pak Jokowi PKS atau Gerindra?” kata Jazuli. Baca juga: SMRC Sebut Isu Kebangkitan PKI untuk Gerus Dukungan ke Jokowi.

SMRC menduga isu kebangkitan PKI diarahkan untuk memperlemah dukungan kepada Joko Widodo (Jokowi). Dugaan itu berdasarkan hasil survei SMRC tentang persepsi masyarakat terhadap isu tersebut.

“Isu kebangkitan PKI yang ditujukan untuk memperlemah dukungan rakyat pada Jokowi nampaknya bukan pilihan isu stategis yang berpengaruh,” kata Abbas dalam rilis hasil survei yang dipublikasikan di saifulmujani.com, Jumat (29/9/2017).

Hasil survei menyebutkan 86,8 persen responden menyatakan tidak setuju anggapan kebangkitan itu. Hanya sekitar 12,6 persen responden yang setuju. Ketidaksetujuan pada isu kebangkitan PKI terlihat di antara pendukung Prabowo-Hatta maupun pendukung Jokowi-JK.

Namun, hasil survei SMRC ini memperlihatkan irisan pendukung Prabowo yang setuju isu kebangkitan PKI lebih besar dibanding dengan opini pendukung Jokowi. Sebanyak 19 persen pendukung Prabowo mengaku setuju isu kebangkitan PKI. Sementara itu, hanya 10 persen pendukung Jokowi yang percaya. Baca juga: Survei SMRC, Mayoritas Masyarakat Tak Percaya Isu Kebangkitan PKI.

lowongan pekerjaan
4 orang Penerjemah fasih berbahasa mandarin & 2 orang Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…