Jogja
Minggu, 1 Oktober 2017 - 19:55 WIB

EKONOMI KREATIF: Dekranasda Harus Mengembangkan Industri Kreatif Kulonprogo

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penjaga stan menata tas berbahan kulit saat pameran UMKM di Mall Ciputra Semarang, Jateng, Kamis (31/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo berharap Dekranasda Kulonprogo selalu berpartisipasi aktif

Harianjogja.com, KULONPROGO-Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kulonprogo diharapkan dapat meningkatkan perannya dalam mengembangkan potensi industri kerajinan lokal.

Advertisement

Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan, Dekranasda merupakan wadah pembinaan pengrajin dan berkumpulnya para pencipta, pencinta, dan peminat seni kerajinan. Para pengurusnya sama-sama memiliki komitmen untuk terus mengembangkan produktivitas pengrajin maupun kualitas dan jaringan pemasaran produk seni kerajinan.

“Dekranasda adalah mitra pemerintah dalam pembinaan produk kerajinan,” ujar Sutedjo, Minggu (1/10/2017).

Sutedjo mengungkapkan, Kulonprogo memiliki banyak produk kerajinan yang sudah dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia serta luar negeri. Beberapa produk yang selama ini jadi andalan antara lain aneka kerajinan serat alam dan rajutan. Keduanya sudah menjadi sumber pendapatan yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Advertisement

Sutedjo berharap Dekranasda Kulonprogo selalu berpartisipasi aktif dalam memajukan potensi seni kerajinan lokal. Program kerja yang disusun hendaknya disiapkan secara matang agar realisasinya benar-benar berdampak positif bagi perkembangan industri kreatif di Kulonprogo.

“Kita dituntut mengembangkan produk kerajinan yang berdaya saing tinggi sehingga mesti selalu inovatif dan kreatif,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif