Gapur pintu masuk Kampung Batik Laweyan (Rini Y/JIBI/Solopos/com) Gapur pintu masuk Kampung Batik Laweyan (Rini Y/JIBI/Solopos.com)
Sabtu, 30 September 2017 06:35 WIB Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos Ekonomi Share :

Banjir Promo dari Toko Batik Solo di Hari Batik Nasional

Toko batik di Solo memberikan promo di Hari Batik Nasional, 2 Oktober.

Solopos.com, SOLO — Sejumlah toko batik di Solo menawarkan promo menarik untuk memperingati Hari Batik Nasional, 2 Oktober mendatang.

Koordinator Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan (FKPBL), Alpha Febela, mengatakan para pedagang batik di Kampoeng Batik Laweyan memberikan potongan harga hingga 25% selama Festival Laweyan yang digelar pada Sabtu (24/9/2017)-Senin (2/10/2017).

Pemberian promo tersebut merupakan salah satu langkah Kampoeng Batik Laweyan untuk menyemarakkan Festival Laweyan dan juga Hari Batik Nasional 2 Oktober. Selain itu, pemilik Batik Mahkota Laweyan tersebut juga memberikan potongan harga hingga 25% di gerainya.

Promo tersebut juga berlaku mulai Sabtu hingga Senin. Hingga kini, pakaian batik yang paling laku adalah batik medium dengan kualitas kain tidak terlalu halus dan tidak terlalu kasar.

“Harganya sekitar Rp150.000 hingga Rp200.000. Biasanya produk itu berupa kombinasi antara batik cap dan batik tulis,” kata Alpha saat dihubungi Solopos.com, Jumat (29/9/2017).

Dalam momentum Hari Batik Nasional tahun ini, FKPBPL bertekad supaya batik tetap diakui UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi. Alpha menambahkan dalam memahami batik tak cukup digambarkan sebagai sandang, namun ada filosofi kehidupan yang terkandung dalam batik.

“Batik merupakan ekspresi kemandirian bangsa. Pada abad ke-19, para saudagar batik membentuk SDI [Sarekat Dagang Islam]. Itu merupakan bukti saudagar batik saat itu berjaya dari sisi ekonomi. Hal tersebut menunjukkan bangsa kita adalah bangsa mandiri,” sambung dia.

Pantauan Solopos.com di akun Instagram milik Batik Putra Bengawan Solo, toko batik tersebut memberikan potongan harga sebesar 30% seluruh jenis batik. Selain itu, toko batik tersebut memberikan diskon tambahan sebesar 20% jika mengunggah foto berbusana batik dari Batik Putra Bengawan di Instagram mulai 25 September.

Tokosolopos.com juga memberikan promo dalam bentuk voucher. Setiap pembelanjaan minimal Rp350.000, konsumen berhak mendapatkan voucher belanja senilai Rp50.000 untuk pembelian selanjutnya.

Manager Business Ritel Tokosolopos.com, Nina Andriyani, mengatakan promo tersebut berlaku mulai Senin-Minggu (2-15/10/2017). Tokosolopos.com juga memberikan potongan harga untuk keanggotaan Member Gold.

“Syarat keanggotaan sebelumnya yang diwajibkan berbelanja minimal Rp750.000, kini konsumen cukup berbelanja senilai Rp400.000 dan langsung mendapatkan keanggotaan Member Gold. Selain itu kami juga memberikan hadiah menarik,” ujarnya.

 

lowongan pekerjaan
Netra-Group, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…