Teknologi
Jumat, 29 September 2017 - 00:30 WIB

Ternyata Ini Alasan Tiongkok Blokir Whatsapp

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Whatsapp (Ubergizmo)

Tiongkok memutuskan memblokir Whastapp.

Solopos.com, SOLO – Tiongkok membuat keputusan besar dengan memblokir layanan pesan milik Facebook, Whatsapp. Negara Tirai Bambu itu punya alasan tersendiri memukul mundur aplikasi perpesanan terpopuler dunia tersebut.

Advertisement

Tiongkok mengatakan bahwa layanan pesan seharusnya bertindak untuk menghentikan penyebaran informasi ilegal karena itu mencari perhatian lebih besar melalui Internet menjelang tahun kelima kongres Communist Party.

Menurut Cyberspace Administration of China, Whatsapp perlu mengambil tindakan proaktif untuk mencegat informasi berkaitan dengan kekerasan dan teror. Tiongkok memiliki wewenang untuk memberitahu institusi untuk mengambil tindakan ini.

“Kedaulatan dunia maya negara harus dilindungi,” tambahnya seperti dikutip Okezone dari Bloomberg, Kamis (28/9/2017).

Advertisement

Tanggapan ini muncul ketika Tiongkok memperketat pergerakan Whatsapp, yang hingga saat ini menjadi satu-satunya layanan pesan utama yang tersisa untuk beroperasi tanpa batas di negara itu.

Pemerintah Tiongkok sendiri telah menampar denda pada perusahaan media dan teknologi karena gagal menyaring konten, menutup situs gosip selebriti, dan menghukum administrator grup obrolan di layanan pesan We Chat.

“Internet Tiongkok terbuka sepenuhnya. Kami menyambut perusahaan Internet dari berbagai negara untuk menyediakan pengguna Internet dengan layanan informasi yang bagus,” kata pemerintah Tiongkok.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif