Teknologi
Jumat, 29 September 2017 - 09:30 WIB

TAHUKAH ANDA? : Ternyata Ini Penyebab Pusar Terasa Geli Saat Disentuh

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pusar (Pictagram)

Tahukah Anda tentang penyebab pusar terasa geli saat disentuh.

Solopos.com, SOLO – Pusar merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif. Saking sensitifnya, bagian ini kerap terasa geli saat disentuh. Bahkan, Anda bisa merasa ingin buang air kecil hanya dengan menusuk atau menyentuh pusar. Tahukah Anda mengapa hal itu terjadi?

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari Pop Sugar, Kamis (28/9/2017), menurut seorang dokter asal Amerika Serikat, Christhopher Hollingsworth, rasa geli tersebut berasal dari balik lapisan rongga perut. Bagian tersebut memiliki banyak serabut saraf sensoris yang peka terhadap rangsang.

Itulah sebabnya Anda akan merasa geli jika menyentuh bagian pusar. Selanjutnya, serabut tersebut akan menyampaikan informasi ke tulang belakang dekat kandung kemih. Informasi tersebut ditafsirkan oleh otak sebagai rasa tidak nyaman. Nah, hal inilah yang membuat Anda merasa ingin buang air kecil.

Selain itu, bagian pusar juga memiliki bau yang tidak sedap. Bau tersebut muncul lantaran kondisi pusar yang sangat lembap dan jarang dibersihkan. Padahal, area tersebut sangat sensitif dan harus dijaga kebersihannya. Tapi, Anda juga tidak boleh sembarangan membersihkan. Alih-laih bersih, cara Anda yang sembarangan malah bisa membuatnya terinfeksi. Lantas, bagaimana cara tepat membersihkan pusar?

Advertisement

Pertama, siapkan kapas dan baby oil. Basahi kapas dengan minyak khusus bayi itu dan usapkan secara perlahan di area pusar. Angkat kotoran yang ada di pusar sampai bersih, lalu keringkan pusar dengan kapas. Selain baby oil, Anda juga bisa memakai air perasan jeruk lemon untuk membersihkan pusar.

Tapi, pastikan bagian pusar Anda tidak memiliki luka. Sebab, air jeruk akan membuat kulit yang terluka terasa perih. Tak hanya mengangkat kotoran, air jeruk juga menghilangkan bau tak sedap pada pusar. Sebaiknya bersihkan pusar minimal sekali dalam sepekan agar terhindar dari bau dan masalah kesehatan lainnya.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif