Teknologi
Jumat, 29 September 2017 - 22:10 WIB

PENEMUAN BARU : Lukisan Mona Lisa Tanpa Busana Ditemukan di Paris

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lukisan Mona Lisa. (Wikimedia.org)

Sebuah lukisan karya Leonardo da Vinci yang dipercaya sebagai Mona Lisa ditemukan di Paris.

Solopos.com, PARIS – Setiap menyebut lukisan Mona Lisa, terlintas dalam pikiran kita sosok wanita dengan balutan gaun hitam dan tersenyum. Tapi tahukah Anda ada versi lain dari lukisan karya Leonardo da Vinci tersebut?

Advertisement

Seorang ahli asal Paris mengklaim dirinya menemukan sketsa lukisan perempuan yang sebelumnya dipercaya sebagai buah karya murid Leonardo da Vinci. Tapi setelah beberapa pekan penyelidikan dan tes, ahli meyakini jika lukisan bernama Joconde Nue itu adalah karya Leonardo da Vinci.

Ahli lain dari museum yang sama juga memiliki pandangan serupa. Menurut ahli kedua, setengah dari lukisan tersebut setidaknya dibuat oleh tangan Leonardo da Vinci.

Lukisan yang menuai perhatian ini dipercaya sebagai versi lain Mona Lisa. Joconde Nue memiliki kesamaan dengan Mona Lisa yang tergantung di Museum Louvre. Yang membedakan hanya sosok di Joconde Nue tampil tanpa busana.

Advertisement

Para ahli melihat kesamaan di bagian tubuh dan tangan Mona Lisa dengan Joconde Nue. Ukuran keduanya pun nyaris sama, yang membuat para ahli meyakini jika lukisan tersebut memang Mona Lisa lain yang dibuat Leonardo da Vinci.

“Sketsa lukisan itu benar-benar memiliki kualitas wajah dan tangan yang sangat luar biasa. Itu bukan sekadar salinan pucat,” jelas kurator Mathieu Deldicque kepada AFP seperti dikutip Okezone dari The Telegraph, Jumat (29/9/2017).

Deldicque melanjutkan, “ini hampir pasti merupakan sketsa persiapan kerja untuk sebuah lukisan minyak.”

Advertisement

Penjelasan alternatif lain datang dari Bruno Mottin, ahli dari Museum Louvre. Menurut Mottin, jika Joconde Nue bukan lah versi telanjang Mona Lisa, maka lukisan itu adalah salah satu buah karya dari studio Leonardo da Vinci di Italia.

“Arsiran di bagian atas lukisan dekat kepala dibuat oleh orang yang menggunakan tangan kanan. Sementara Leonardo da Vinci melukis dengan tangan kirinya,” jelas Mottin.

Joconde Nue disimpan di museum Conde, Chantily, sebelah utara Paris. Joconde Nue dibeli oleh Duc d’Aumale pada 1862.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif