Soloraya
Jumat, 29 September 2017 - 04:00 WIB

PENDIDIKAN USIA DINI : Dinas Pendidikan Solo Percepat Akreditasi 515 PAUD

Redaksi Solopos.com  /  Ayu Prawitasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PAUD (Dok/JIBI/Solopos)

Pendidikan anak usia dini, Disdik Solo mempercepat akreditasi PAUD.

Solopos.com, SOLO — Dinas Pendidikan (Disdik) Solo mempercepat akreditasi 515 lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan menggelar bimbingan teknis (bintek).

Advertisement

Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Disdik Solo, Tri Budi Santosa, mengatakan masih banyak lembaga PAUD yang belum terakreditasi.

“Setiap tahun kami menargetkan sekitar 175 lembaga PAUD terakreditasi,” kata Tri Budi seusai mengikuti kegiatan Bimbingan Teknik Akreditasi PAUD di Kantor Disdik Solo, Kamis (28/9/2017). Kegiatan tersebut diikuti sekitar 120 guru perwakilan dari lembaga PAUD di Solo. Dari 530 lembaga PAUD di Solo yang telah memiliki terakreditasi hanya 15 lembaga.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan pada 2020 semua lembaga PAUD harus terkreditasi. Untuk itu kami harus bergerak cepat,” kata dia. Guna mempercepat proses akreditasi lembaga PAUD, Disdik Solo telah membentuk Tim Pembimbingan dan Pembinaan Efektif Menuju Akreditasi (Minati Merit). Ketua Tim Minati Merit, Galuh Murya Widawati, menyatakan tugas tim adalah memberikan bintek untuk kesiapan lembaga PAUD dalam proses akreditasi.

Advertisement

Menurut dia, sesuai ketentuan ada delapan instrumen standardisasi akreditasi PAUD yakni tingkat pencapaian perkembangan; standar isi; standar proses; serta pendidikan dan tenaga kependidikan. Ada pula standar sarana dan prasarana; pengelolaan; pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.

“Pada 2017 ini kami menargetkan 150 lembaga PAUD terakreditasi. Sampai sekarang baru tercapai 15 lembaga PAUD,” ujar dia. Galuh Murya Widawati yang juga Kasi PAUD dan Pembinaan Pendidikan Keluarga Disdik Solo menambahkan akreditasi sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. “Saat ini masih ada lembaga PAUD yang jadi satu dengan rumah pemilik lembaga. Ke depan harus terpisah, berdiri sendiri,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif