Soloraya
Jumat, 29 September 2017 - 14:00 WIB

4 Wanita PSK Gunung Kemukus Sragen Positif Idap HIV/AIDS

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gunung Kemukus Sragen (Dok/JIBI/Solopos)

Para PSK yang mangkal di Gunung Kemukus mendapat pendampingan dan pemeriksaan kesehatan.

Solopos.com, SRAGEN — Tim gabungan Puskesmas Sambungmacan dan Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Sukowati serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen, Kamis (28/9/2017), memeriksa kesehatan 68 wanita pekerja seks komersial (WTS) di kompleks Gunung Kemukus Sragena. Dari puluhan PSK, sebanyak empat orang di antaranya positif mengidap HIV/AIDS.

Advertisement

Ketua KDS Sukowati, Ririn Hanjar Susilowati, saat dihubungi, Jumat (29/9/2017), mencatat ada 11 PSK positif HIV/AIDS tetapi informasi berkembang jumlah PSK positif mencapai 19 orang.

Saat pemeriksaan kesehatan, kata dia, ternyata yang datang hanya empat orang. Dia mengatakan kemungkinan PSK lain yang positif HIV/AIDS sudah pindah ke tempat lain.

“Kadang ada nama yang sama setelah dicek ternyata hanya satu orang. Ada juga yang bilang ada yang positif ternyata setelah dicek negatif. Sejak pemeriksaan awal tidak dimintai kartu tanda penduduk (KTP). Dalam pemeriksaan Kamis lalu, kami sudah memintas kartu identitas agar benar-benar terdata,” tambahnya.

Advertisement

Ririn lewat KDS Sukowati mendampingi dan membuka konseling kepada para WTS yang positif HIV/AIDS. Dia menilai mereka itulah yang berisiko menularkan ke orang lain atau yang negatif tertular dari orang lain.

Untuk pengobatannya, kata dia, ada yang dirujuk ke RSUD dr. Soeratno Gemolong yang juga memiliki fasilitas pengobatan HIV/AIDS. Ririn menyampaikan para WTS itu ada yang berasal dari Kalijambe, Miri, Jepara, dan daerah lain di luar Sragen.

Kabid Ketentraman, Ketertiban Masyarakat, dan Linmas Satpol PP Sragen, Sugeng Priyono, menyampaikan Satpol PP ke Kemukus dengan tujuan untuk menggali informasi tentang jumlah karaoke/penginapan dan WTS yang ada di kawasan itu sebagai bahan awal dalam penataan Gunung Kemukus.

Advertisement

“Data yang berhasil saya himpun itu ada 72 unit karaoke/penginapan dan 73 WTS yang mangkal di Gunung Kemukus. Mereka ini yang mendapat pendampingan dari puskesmas, KDS Sukowati, dan Fatayat NU,” tambah dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif