Jatim
Kamis, 28 September 2017 - 13:05 WIB

Wali Kota Kediri Instruksikan Lurah Mendata Ulang Warga Miskin

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Wali Kota Kediri menginstruksikan pendataan ulang warga miskin.

Madiunpos.com, KEDIRI – Para lurah di Kota Kediri diminta ikut membantu mendata ulang warga miskin di wilayah masing-masing. Hal itu agar seluruh warga miskin terdata dengan baik dan pemerintah bisa mengambil kebijakan tepat sasaran.

Advertisement

“Saya meminta tolong dicek lagi, apa ada warga yang tidak mampu dan belum dibantu. Jika ada besok harus dapat bantuan. Sayang dan kasihan orang yang tidak mampu jika tidak dibantu,” kata Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat menghadiri kegiatan penyerahan hibah atau bantuan Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) 2017 di Kelurahan Kemasan, Kota Kediri, Rabu (27/9/2017).

Dia mengatakan pemerintah kota memberikan prodamas yang dikelola setiap RT di seluruh Kota Kediri dengan besar hingga Rp50 juta per tahun. Selain untuk pembangunan fisik, anggaran itu juga bisa dimanfaatkan untuk ekonomi dan sosial, termasuk memberikan bantuan untuk warga kurang mampu.

Wali Kota juga intensif memantau perkembangan seluruh kota, apakah sarana dan prasarana sudah diperbaiki serta apakah warga yang kurang mampu sudah menerima bantuan. Dengan langsung turun ke masyarakat, ia lebih bisa memahami realisasi anggaran.

Advertisement

Ia juga menilai, sejak program tersebut dijalankan sudah banyak perubahan terjadi di masing-masing RT. Jika dulu, untuk perbaikan harus menunggu anggaran dari pemerintah kota, tapi dengan mempunyai anggaran dana prodamas itu, di setiap RT bisa berbenah.

“Jadi, kami langsung ke seluruh masyarakat. Kami juga berharap, program ini bisa menyejahterakan masyarakat dan membangun Kediri jadi lebih baik. Ada juga kegiatan rembuk warga dan bisa dibahas untuk pembangunan, sebab tanpa dukungan warga, prodamas juga tidak jalan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wali Kota juga mengatakan, ke depan prodamas akan dilanjutkan dengan prodamas plus. Namun, untuk konsep pastinya, akan secepatnya dilakukan sosialisasi ke masyarakat. Pemerintah kota juga akan memberikan pelayanan kesehatan secara gratis untuk warga di kelas tiga.

Advertisement

“Kami sudah bahas nanti ada prodamas plus. Berikutnya juga ada ada program untuk warga tidak mampu gratis pengobatan, pokoknya jangan hilang KTP-nya, warga Kediri,” kata dia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif