Jogja
Rabu, 27 September 2017 - 07:20 WIB

Pap Smear, MOW dan MOP Gratis Digelar untuk Tingkatkan Kesadaran

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para peserta sedang memperhatikan pemaparan tentang pentingnya menjaga kesehatan reproduksi di RSGM, Selasa (26/9/2017). (Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja)

Rumah Sakit Griya Mahardhika (RSGM) bekerja sama dengan BKKBN dan Kodim 0729 Bantul kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan pemeriksaan PAP Smear, Medis Operasi Wanita (MOW) dan Medis Operasi Pria (MOP) secara gratis

 
Harianjogja.com, BANTUL –– Ada banyak cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan reproduksi, salah satunya dengan bakti sosial yang diadakan oleh Rumah Sakit Griya Mahardhika (RSGM) bekerja sama dengan BKKBN dan Kodim 0729 Bantul.

Advertisement

Lewat bakti sosial tersebut RSGM memberi kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan pemeriksaan PAP Smear, Medis Operasi Wanita (MOW) dan Medis Operasi Pria (MOP) secara gratis.

Dirut RSGM, RA Yohanes Indahyanto menuturkan kanker serviks masih jadi ancaman terbesar kedua bagi wanita, setelah kanker payudara. Padahal keduanya dapat diketahui dan dicegah sejak dini.

Kanker serviks misalnya dapat dideteksi dengan melakukan pemeriksaan PAP Smear, sedangkan kanker payudaya dapat diketahui melalui langkah Periksa Payudara Sendiri (Sadari). Maka bakti sosial ini diadakan agar kepedulian masyarakat akan kesehatan reproduksinya meningkat.

Advertisement

Apalagi menurutnya, RSGM yang baru berdiri selama empat tahun ini merupakan rumah sakit swasta tipe C terbesar dengan fasilitas yang cukup lengkap di Bantul. RSGM juga telah menerima pasien BPJS sejak dua tahun yang lalu. Sehingga seluruh lapisan masyarakat diharapkan dapat menggunakan fasilitas yang ada untuk memeriksakan kesehatannya.

Yohanes menyebut bakti sosial ini merupakan rangkaian acara untuk memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia dan HUT TNI ke-72. Selama rangkaian acara tersebut, pihaknya telah mengadakan bakti sosial pemeriksaan gratis sebanyak empat kali. Animo masyarakat untuk mengikutinya tinggi.

Terbukti dari empat kali kegiatan ada ratusan masyarakat yang berpartisipasi di dalamnya. “Pada dasarnya kami fokus pada tujuan sosial. Kamis siapkan fasilitas dan tenaga medisnya,” ucapnya pada Selasa (26/9/2017).

Advertisement

Sementara itu Kepala Seksi Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKB-PMD) Bantul Harmanto mengatakan kesadaran wanita akan program KB cukup tinggi.

Advertisement
Kata Kunci : Kb Gratis Pap Smear
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif