Jogja
Rabu, 27 September 2017 - 12:20 WIB

Hasil Pantauan, Harga Gas Melon Rp10.000 hingga Rp20.000

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Antrean tabung gas dalam operasi pasar di Kecamatan Mantrijeron Jogja, Selasa (18/10/2016). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Dinas Perdagangan Perindustriaan Sleman menilai harga jual di atas Rp20.000 sebagai suatu anomali dan menyalahi regulasi.

Harianjogja.com, SLEMAN-Kuota fakultatif gas LPG tiga kilogram bulan ini sudah didistribusikan menganggapi tingginya permintaan masyarakat. Dinas Perdagangan Perindustriaan Sleman menilai harga jual di atas Rp20.000 sebagai suatu anomali dan menyalahi regulasi.

Advertisement

Kepala Disperindag Sleman, Tri Endah Yitnani mengatakan kuota fakultatif Sleman bulan ini sebanyak 54.160 tabung gas yang sudah direalisasikan. Kenaikannya berkisar 1.000 tabung untuk tingkat agen dan sekitar 120 tabung untuk tingkat pangkalan. Ia menilai realisasi ini seharusnya membuat gas melon sudah gampang ditemui oleh masyarakat meski harganya memang belum kembali normal.

Berdasarkan pantauan dinas, harga jual gas tiga kilogram saat ini berkisar Rp18.000 sampai Rp20.000 per tabung. Terkait adanya pengecer yang menjual dengan harga Rp24.000, Endah mengatakan itu hanya terjadi di segelintir titik.

“Itu anomali yang sebagian besar tidak seperti itu, “ujarnya kepada Harianjogja.com, Selasa (26/9/2017).

Advertisement

Menurutnya, alasan jika barang hanya tersedia jika masyarakat mau membeli dengan harga mahal tidak bisa dibenarkan. Bahkan, seharusnya pangkalan yang menerapkan sistem seperti itu diberi sanksi oleh agen. Ia menguaraikan sudah ada regulasi yang mengatur agar tidak terjadi kenakalan di tingkat agen maupun pangkalan terkait stok maupun harga gas melon.

Hanya saja diakui tidak ada regulasi yang mengatur soal keberadaan pengecer dalam rantai distribusi gas melon sehingga tidak ada sanksi atas kenakalan di ranah tersebut.

Karena itu, Endah sangat menyarankan jika masyarakat sebaiknya membeli gas LPG di pangkalan karena harganya yang sudah sesuai aturan. Sebagaimana dimuat sebelumnya, salah satu pengecer di Karangwuni, Depok, Yahya mengaku menjual gas melon dengan harga Rp24.000 per tabung.

Advertisement

Dalihnya, gas melon hanya bisa didapatkan jika ia bersedia membeli dengan harga tinggi dibandingkan pengecer lainnya. Konsumennya juga tidak mengeluh atas harga ini karena memang membutuhkannya untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan, pembelinya sudah memesan sejak jauh-jauh hari dengan meninggalkan uang dan tabung gas kosong untuk ditukar ketika stok sudah tersedia.

Advertisement
Kata Kunci : Elpiji 3 Kg Gas 3 Kg
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif