News
Rabu, 27 September 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 27 September

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Avril Ramona Lavigne. (Reddit.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 27 September, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada hari ke-270—hari ke-271 dalam tahun kabisat—sesuai dengan sistem Kalender Gregorian, 27 September. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum berbagai peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 27 September, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Advertisement

1066
Adipati Normandia William II bersama pasukannya berangkat ke tanah Inggris melalui Sungai Somme di Prancis untuk menaklukkan Inggris. Pada 25 Desember di tahun yang sama, William berhasil merebut kekuasaan di Inggris dari Harold Godwinson dan secara resmi dinobatkan sebagai raja Inggris.

1529
Pasukan Kesultanan Ottoman pimpinan Suleiman I menyerang wilayah Wina demi merebutnya dari Kekaisaran Romawi Suci. Pengepungan Wina lantas berlangsung selama lebih dari dua pekan. Meski melakukan pengepungan yang cukup lama, pasukan Kesultanan Ottoman gagal menguasai Wina.

Advertisement

1529
Pasukan Kesultanan Ottoman pimpinan Suleiman I menyerang wilayah Wina demi merebutnya dari Kekaisaran Romawi Suci. Pengepungan Wina lantas berlangsung selama lebih dari dua pekan. Meski melakukan pengepungan yang cukup lama, pasukan Kesultanan Ottoman gagal menguasai Wina.

1669
Pengepungan Candia yang dilakukan pasukan Kesultanan Ottoman di Candia, Pulau Kreta berakhir setelah Republik Venesia yang menguasai wilayah tersebut menyerah. Pengepungan itu berlangsung lebih dari 20 tahun. Pulau Kreta yang sebelumnya dikuasai Republik Venesia lantas menjadi kekuasaan Kesultanan Ottoman.

Lukisan yang menggambarkan pasukan pemberontak Ciudad de Mexico di masa Perang Kemerdekaan Spanyol. (Wikimedia.org)

Advertisement

1939
Polandia secara resmi menyerah kepada Jerman. Sedikitnya 140.000 tentara Polandia ditahan pihak Jerman. Selain itu, Jerman juga berhasil menguasai wilayah Polandia setelah bertempur melawan pasukan Polandia selama 26 hari.

1940
Jerman, Jepang, dan Italia menandatangani Pakta Tripartit di Berlin, Jerman. Berdasarkan pakta ini, ketiga negara tersebut secara resmi membentuk aliansi militer bernama Blok Poros untuk melawan Sekutu dalam Perang Dunia II.

1962
Setelah Raja Yaman Muhammad Al-Badr diturunkan dari takhtanya, pemimpin kelompok revolusi di Yaman Abdullah As-Sallal mendeklarasikan pendirian negara Republik Yaman Utara. Abdullah As-Sallal lantas dinobatkan sebagai pemimpin negara tersebut. Republik Yaman Utara kemudian baru bergabung dengan Republik Yaman pada 1990.

Advertisement

Francesco Totti. (Zimbio.com)

1976
Francesco Totti lahir di Roma, Italia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Italia. yakni AS Roma. Totti membela AS Roma selama 25 tahun, yakni dari 1999 hingga dirinya pensiun pada 2017.

1984
Avril Ramona Lavigne lahir di Belleville, Ontario, Kanada. Kini, namanya dikenal luas sebagai penyanyi, penulis lagu, sekaligus aktris. Avril memulai kariernya di dunia tarik suara sejak 1999 silam. Hingga kini, Avril telah melahirkan lima album musik.

Advertisement

1986
Bassis Metallica, Clifford Lee Burton atau yang akrab disapa Cliff Burton, tewas setelah bus yang ia tumpangi bersama anggota lain group band Metallica mengalami kecelakaan di Ljungby, Swedia. Sejak bergabung pada 1982, Burton telah menorehkan tiga album bersama Metallica. Pada 2009 lalu, Burton yang sudah meninggal selama 23 tahun, mendapatkan penghargaan Rock and Roll Hall of Fame. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 26 September
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 25 September
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 24 September

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif