News
Selasa, 26 September 2017 - 14:45 WIB

Kanker Payudara Makin Parah, Ayu Dapat Jadwal Kemoterapi Terlalu Lama

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ayu mengidap kanker payudara stadium 3 (Instagram)

Cerita memilukan tentang pengidap kanker payudara viral di media sosial.

Solopos.com, BOGOR – Sebuah kisah pilu tentang penderita kanker payudara viral di media sosial (medsos). Perempuan bernama Ayu Agustin, 21, mengidap kanker payudara stadium 3. Penyakitnya itu semakin parah karena jadwal kemoterapi terlampau jauh dari awal pemeriksaan.

Advertisement

Informasi tentang Ayu Agustin diunggah akun @fadilazu, Senin (25/9/2017). Dalam unggahan tersebut @fadilazu mengunggah kesaksian Ayu. Perempuan asal Kampung Pabuwaran Wetan, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor itu mengaku mengidap kanker payudara stadium 3. Penyakitnya itu semakin para, Ayu meminta bantuan agar bisa segera bisa melakukan kemoterapi.

Dari penjelasan @fadilazu, Ayu pertama kali memeriksakan penyakitnya di sebuah rumah sakit di Bogor pada bulan Agustus. Karena terbatasnya peralatan di Bogor, Ayu dirujuk ke sebuah rumah sakit di Jakarta.

Pada bulan Agustus itu Ayu hanya di rontgen dan diberi obat luka untuk mengobati payudaranya. Setelah beberapa waktu menunggu jadwal kemoterapi, Ayu mendapat jadwal pada 17 Oktober 2017. Satu bulan lebih setelah dia pertama periksa.

Advertisement

“Akhirnya tiba penentuan jadwal kemo Ayu, yaitu tanggal 17 Oktober, iya 17 Oktober 2017, lama ya? Memang setahu saya kemo ada jadwalnya. Tapi bukanlah semakin lama semakin parah ya?” tulis @fadilazu.

Pengguna akun @fadilazu mengunjungi Ayu hari Minggu (24/9/2017), pada saat dijenguk, tangan kanan Ayu sudah membengkak, berbeda dengan kondisi bulan Agustus yang masih baik-baik saja. Pembengkakan juga terjadi di payudara sebelah kiri. Kondisi tersebut diperparah dengan keluhan Ayu yang merasakan mulai sulit bernapas.

Kini Ayu hanya bisa menunggu waktu kemoterapi tanpa bantuan obat lain untuk mengurangi efek bengkak dan sesak napas yang dirasakannya.

Advertisement

Setelah pertama kali diunggah Senin siang, informasi mengenai kondisi Ayu menjadi viral, akun-akun seperti @infia_fact dan @makrumpita turut menyebarkan informasi mengenai kondisi Ayu. Tak hanya itu, gelombang penggalangan dana pun datang dari teman Ayu. Beberapa teman sekolah Ayu membuka penggalangan dana untuk meringankan beban Ayu dan keluarganya.

Saat dipantau Solopos.com, Selasa (26/9/2017), akun @fadilazu memperbarui informasi yang mengungkapkan ada beberapa anggota Dinas Kesehatan mengunjungi rumah Ayu untuk memberikan bantuan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif