Nur Fatah Abidin (Istimewa) Nur Fatah Abidin (Istimewa)
Selasa, 26 September 2017 06:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Sekolah Pagesangan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com.

Solopos.com, SOLO — Minggu pagi (17/9) lalu Rumah Banjarsari di kawasan Monumen ’45 Banjarsari, Kota Solo, menyelenggarakan diskusi bertajuk Mengenal Sekolah Pagesangan: Pendidikan yang Menjawab Realitas Sosial. Di rumah bergaya Indis tersebut berbagai aktivitas dilakukan mulai dari presentasi model pembelajaran Sekolah Pagesangan, diskusi, workshop, dan pameran pengolahan makanan lokal.

Sekolah Pagesangan adalah komunitas belajar masyarakat Dusun Winatos, Desa Girimulya, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Visi sekolah yang digerakkan Diah Widuretno dan para sukarelawan ini bersifat kontekstual dan berupaya menyelesaikan permasalahan ekonomi, sosial, dan ekologi masyarakat.

Kurikulum dan model pembelajaran Sekolah Pagesangan berbeda dibandingkan dengan sekolah formal. Hal-hal yang diajarkan tidak lagi perkara membaca, menulis, dan berhitung. Anak-anak diajak menyelesaikan permasalahan mikro di sekitar mereka dengan pendekatan lokal dan dialogis.

Salah satunya dengan mengembangkan kembali budaya bertani berbasis kearifan lokal. Masyarakat lokal Dusun Winatos memiliki budaya dan etos bertani yang mumpuni. Alam Kabupaten Gunungkidul yang tandus telah mendorong intensifikasi, diversifikasi, dan kemampuan mengolah berbagai pangan lokal.

Sekolah Pagesangan dapat dikatakan berhasil membangun kreativitas dan kemampuan bertahan hidup anak-anak Dusun Winatos. Sekolah Pagesangan telah berhasil memfasilitasi anak-anak belajar mengolah lahan tandus, menaman berbagai tanaman, dan mengolah berbagai bahan  pangan lokal. Keberhasilan ini telah mengurangi permasalahan ekonomi, sosial, dan ekologis di Dusun Winatos.

Selanjutnya adalah: Dapat dikategorikan sebagai pendidikan berbasis komunitas…

lowongan pekerjaan
OPERATOR SPBU, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

PEREKONOMIAN JATENG
Jateng Dituding Kurang Manfaatkan Peluang Relokasi Industri

Perekonomian Jateng mestinya bakal melonjak jika cerdik memanfaatkan peluang relokasi industri. Solopos.com, SEMARANG — Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai Jawa Tengah kurang memanfaatkan peluang terjadinya relokasi industri dari kota-kota besar belakangan ini. “Memang sudah ada [Industri…