News
Senin, 25 September 2017 - 23:00 WIB

Beli Alutsista, Kemenhan Paling Banyak Pakai Pinjaman Luar Negeri

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Prajurit TNI AL menambatkan tali KRI Nagapasa-403 setibanya di Dermaga Kapal Selam Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Senin (28/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)

Kemenhan menjadi salah satu kementerian yang paling banyak memakai pinjaman luar negeri untuk membeli alutsista.

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menjadi salah satu kementerian yang paling banyak menggunakan pinjaman luar negeri. Total pinjaman luar negeri Kemhan mencapai Rp11,7 triliun.

Advertisement

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengatakan sebagian besar pinjaman luar negeri tersebut digunakan untuk membeli alat utama sistem persenjataan (alutsista) buat tiga matra di TNI.

“Kalau beli dari luar kan buka LC, bentuknya pinjaman. Kalau yang dari dalam itu financing-nya dari bank lokal, ” katanya di Banggar DPR, Senin (25/9/2017)[.

Adapun alutsista yang dibeli setidaknya menurut paparan Kementerian Keuangan diantaranya pembelian kapal jenis korvet, helikopter ASW, kapal PKR, hingga kapal selam.

Advertisement

Selain Kemenhan, kementerian atau lembaga lain yang menggunakan pinjaman luar negeri paling besar di antaranya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Polri, Kementerian Perhubungan, dan Kemenristek Dikti.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif