News
Minggu, 24 September 2017 - 14:00 WIB

Besok! Tol Bawen-Salatiga Diresmikan Presiden Jokowi

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Deretan mobil menjelang pintu jalan tol Bawen-Salatiga di Suruh, Kabupaten Semarang, Jateng, Sabtu (16/9/2017). (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Tol Bawen-Salatiga akan diresmikan oleh Presiden Jokowi besok, Senin (25/9/2017).

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono dijadwalkan meresmikan jalan tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 kilometer pada Senin (25/9/2017).

Advertisement

Setelah sempat beroperasi secara gratis selama masa uji coba yang berlangsung sejak Jumat (15/9/2017), jalan tol yang merupakan bagian dari jalan tol Semarang-Solo tersebut kini telah beroperasi. Tarif mulai Jumat (22/9/2017) sesuai Keputusan Menteri PUPR RI Nomor 718/KPTS/M/2017 tentang Penetapan Tarif Tol Bawen-Salatiga.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna menyatakan semula jalan tol tersebut dijadwalkan beroperasi pada medio akhir Agustus atau awal September. Namun jadwal tersebut ditunda karena menunggu selesainya uji kelayakan jembatan oleh Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

“Jadwalnya memang tadinya 4-9 September ini, tetapi karena masih ada uji jembatan, ya terpaksa harus mengikuti. Jangan sampai kita operasikan, malah ada apa-apa nanti,” ujarnya, belum lama ini.

Advertisement

Seperti diketahui, jalan Tol Semarang-Solo dikelola oleh PT Trans Marga Jateng. Ini merupakan konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk 73,9%, PT Astratel Nusantara atau Astra Infra 25%, dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah 1,09%.

Jalan tol dengan nilai investasi Rp7,3 triliun ini memiliki panjang total 72,64 kilometer yang terdiri dari lima seksi. Adapun pengoperasian seksi III ruas Bawen-Salatiga melengkapi pengoperasian seksi I Semarang-Ungaran sepanjang 10,85 kilometer pada bulan November 2011 dan seksi II Ungaran-Bawen sepanjang 11,99 kilometer pada bulan April 2014.

Saat ini, PT Trans Marga Jateng sedang menyelesaikan pembangunan konstruksi Seksi IV Salatiga-Boyolali dan Seksi V Boyolali-Solo, sepanjang 32,20 kilometer.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif