Soloraya
Minggu, 24 September 2017 - 23:35 WIB

Bangun Pasar Khusus Bahan Bangunan, Pemkot Solo Didukung Pejabat Kemendag

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - F.X. Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo. (JIBI/Solopos/Dok.)

Pemkot Solo berencana membangun pasar khusus bahan bangunan di kawasan Solo Utara.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana membangun pasar untuk mewadahi pedagang bahan bangunan di Kota Bengawan. Kawasan Solo utara dibidik Pemkot sebagai lokasi pembangunan pasar tersebut.

Advertisement

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menjelaskan selama ini pedagang material bahan bangunan belum tertata. Pedagang yang menjajakan bahan material seperti pasir, batu, maupun bambu tersebar di seluruh Kota Solo.

“Pasar material nantinya menjadi wadah bagi para pedagang agar sistem berjualan material lebih tertata,” kata Rudy sapaan akrab Wali Kota ketika dijumpai wartawan di Benteng Vastenburg, Minggu (24/9/2017).

Rencana pembangunan pasar material tersebut, menurut Rudy, telah dikomunikasikan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Rudy pun mengklaim Gubernur menyetujui dan meminta Pemkot segera mencari lahan sebagai lokasi pembangunan pasar material tersebut. “Paling memungkinkan [lahan] di Solo utara. Nanti dicari di daerah sana,” katanya.

Advertisement

Pasar material nantinya diharapkan dapat menjadi rujukan bagi warga Solo yang ingin mencari bahan bangunan. Selain sebagai wadah untuk menata pedagang, pasar material juga dapat digunakan sebagai sarana memantau dan mengawasi harga bahan bangunan di Kota Bengawan.

Saat ini beberapa pasar telah dibangun Pemkot berdasarkan pengelompokan barang dagangan seperti Pasar Mebel, Pasar Klithikan Notoharjo, Pasar Besi, Pasar Ayam, dan lain sebagainya. “Nah kalau pasar material bisa dibangun, dapat menjadi pelengkap,” katanya.

Staf Khusus Menteri Perdagangan (Mendag) Bidang Hubungan Antarlembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana, mengatakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mendukung program Pemkot terkait rencana pembangunan pasar material di Kota Solo. Dia segera mengomunikasikan rencana tersebut kepada Menteri Perdagangan.

Advertisement

“Komunikasi akan kami lakukan terkait anggaran dan lain-lain. Seperti sebelumnya kami juga mengalokasikan anggaran untuk Pasar Klewer,” katanya.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif