Lobby card Film Pengkhianatan G30S/PKI
Jumat, 22 September 2017 18:00 WIB Irene Agustine/JIBI/Bisnis Politik Share :

Ternyata Ini Maksud Presiden Jokowi Soal Film G30S/PKI Versi Milenial

Wiranto menjelaskan maksud Presiden Jokowi soal film G30S/PKI versi baru yang bisa diterima generasi milenial.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menjelaskan maksud Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyarankan adanya versi baru dalam film G30S/PKI yang kekinian.

Menurut Wiranto, Presiden menginginkan agar film tersebut diproduksi ulang dengan penyajian dan teknologi yang lebih maju. Maksudnya, bukan diproduksi ulang dengan mengubah substansi cerita.

“Jadi Presiden maksudnya baik, bahwa film-film semacam itu, tidak hanya PKI, [juga] film-film dokumentasi masa lalu, biar lebih enak, lebih dicerna oleh penonton masa kini. Itu disesuaikan dengan cara penyajiannya, bukan diubah kontennya,” jelasnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (22/9/2017).

Wiranto mengatakan Presiden memperhatikan tren masyarakat saat ini yang dimudahkan dengan perkembangan teknologi. Karena itu, versi baru yang dimaksud adalah perubahan penyajian agar mudah dicerna oleh masyarakat millenial.

“Penyajiannya diubah dengan kondisi sekarang. Supaya lebih menarik, lebih masuk. Itu, hati-hati. Ini kadang-kadang suka dipelintir ini,” jelasnya. Baca juga: Rencana Pemutaran Film G30S, Jokowi Anjurkan Ada Versi yang Kekinian.

Wiranto meminta agar pernyataan itu tidak disalahartikan bahwa pemerintah setuju perubahan isi film. “Jangan dipelintir seakan-akan Presiden setuju untuk perubahan-perubahan konten dari film itu. Ini jangan sampai disalah tafsirkan menjadi hoax.”

Sebelumnya, Presiden menuturkan penting untuk menonton film sejarah. Namun, dia menyampaikan perlu ada film yang lebih baru untuk generasi milenial agar anak-anak muda mengenal sejarah.

“Akan lebih baik kalau ada versi yang paling baru, agar lebih kekinian, bisa masuk ke generasi-generasi milenial,” kata Presiden Jokowi usai meresmikan Jembatan Gantung Mangunsuko, di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, melalui siaran resmi, Senin (18/9/2017) .

lowongan peekrjaan
PT. Integra Karya Sentosa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…