News
Jumat, 22 September 2017 - 21:30 WIB

Jika Ada Foto Gunung Meletus, Dipastikan Bukan Gunung Agung Bali

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga berkumpul untuk mencari informasi aktivitas Gunung Agung di Pos Pemantauan Desa Rendang, Karangasem, Bali, Selasa (19/9/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Nyoman Budhiana)

BNPB memastikan jika ada foto gunung meletus di media sosial, maka dipastikan bukan foto Gunung Agung.

Solopos.com, DENPASAR — Masyarakat Bali diimbau tetap tenang sekaligus waspada dan tidak terpancing informasi yang menyesatkan.

Advertisement

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan bahwa informasi berupa foto gunung meletus yang merebak di media sosial bukan Gunung Agung, melainkan gunung lain di indonesia.

“Foto gunung meletus dan hujan abu yang banyak beredar di sosial media adalah letusan Gunung Soputan di Sulawesi Utara. Bukan Gunung Agung. Hingga saat ini Gunung Agung belum meletus. Pemerintah akan terus menyampaikan peringatan dini dan informasi yang akurat kepada masyarakat,” jelasnya melalui pesan, Jumat (22/9/2017).

Status Gunung Agung saat ini masih tetap berada di level siaga. Kendati demikian, beredar informasi palsu seperti gambar gunung meletus bahkan pesan berantai bahwa gunung sudah meletus.

Advertisement

Hingga sore ini gempa vulkanik masih dirasakan oleh masyarakat sekitar gunung. PVMBG juga mencatat bahwa jumlah gempa terus meningkat.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif