News
Kamis, 21 September 2017 - 16:52 WIB

Ujaran SARA & Mencela Presiden Jokowi, Pemilik Akun Facebook Ini Ditangkap

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi garis polisi (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Pemilik akun Facebook Rio Wibowo ditangkap terkait ujaran kebencian SARA dan mencela Presiden Jokowi.

Solopos.com, SEMARANG — Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah (Jateng) meringkus seorang pelaku ujaran kebencian melalui Facebook dengan unggahan kebencian bernuansa suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Advertisement

Kasubdit Ekonomi Khusus Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah AKBP Teddy Fanani di Semarang, Kamis, mengatakan pelaku penyebar ujaran kebencian tersebut berinisial SW, 29, warga Cangkiran, Mijen, Kota Semarang. “Pelaku mengunggah status-status yang berbau SARA melalui akun Facebook bernama Rio Wibowo,” kata dia, Kamis (21/9/2017).

Teddy menjelaskan pengungkapan itu bermula dari patroli Unit Cyber Crime Bareskrim Mabes Polri. Dari informasi yang diperoleh, polisi kemudian mendalami sumber unggahan tersebut. Petugas kemudian mendapati akun tersebut dan mulai melakukan kontak.

“Anggota menghubungi akun tersebut dengan menyamar sebagai perempuan,” katanya.

Advertisement

Pelaku, lanjut dia, berhasil dipancing untuk bertemu hingga akhirnya diringkus. Petugas mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk telepon seluler yang diduga digunakan pelaku untuk mengunggah status-status berbau SARA itu.

Dari keterangannya, lanjut Teddy, pelaku mengaku kecewa dengan pemerintah. Meski demikian, kata dia, polisi masih mendalami kebenaran motif pelaku itu. “Biasa, kalau pelaku kriminalitas tertangkap ada saja alasannya,” katanya.

Ia menjelaskan penyidik juga masih mendalami kemungkinan tindakan pelaku yang terkait dengan kelompok atau jaringan penyebar ujaran kebencian.

Advertisement

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Undang-Undang (UU) No. 11/2008 yang telah diubah dengan UU No. 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif