Jateng
Kamis, 21 September 2017 - 08:50 WIB

Popnas 2017 Sukses, Jateng Diusulkan Tuan Rumah Asean School Games

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Popnas XIV 2017 Jateng. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Popnas XIV 2017 yang digelar di Jateng dinilai sukses sehingga provinsi ini diusulkan jadi tuan rumah Asean School Games.

Semarangpos.com, SEMARANG — Jawa Tengah dinilai sukses melaksanakan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017. Dengan jumlah anggaran dari pusat yang tidak terlalu besar, Jawa Tengah sebagai panitia dianggap mampu menjalankan event dua tahunan ini dengan lancar.

Advertisement

Dalam acara penutupan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017 di Simpang Lima, Kota Semarang, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olah Raga Gatot S. Dewabroto menyatakan, selain sukses penyelenggaraan, Jateng juga memberikan contoh kepada semua provinsi akan makna sportifitas. Jateng, lanjutnya, tidak memaksakan diri untuk menjadi juara, meskipun memiliki potensi.

“Dengan melihat kesuksesan ini, kami pemerintah pusat mengusulkan Jawa Tengah untuk menjadi tuan rumah Asean School Games,” ujar Gatot sembari menambahkan agar tidak semua kegiatan terpusat di Jakarta.

Dalam kesempatan ini, Gatot juga menyampaikan bahwa pemerintah sudah mulai memberikan perhatian kepada para atlet dengan mengupayakan atlet berprestasi bisa masuk perguruan tinggi unggul melalui jalur khusus. “Sehingga berbanggalah adik-adik semua yang menjadi atlet, menjadi pahlawan setiap provinsi kalian masing-masing. Karena pemerintah mulai care. Kami telah memikirkan, dengan catatan kalian berprestasi sesuai yang diharapkan,” tegasnya.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Jateng Urip Sihabudin mengapresiasi pencapaian Jateng yang mampu meraih peringkat ketiga, atau naik satu peringkat dibanding tahun 2015 lalu. Meskipun demikian, Kadisporapar Jateng tegas menambahkan bahwa akan ada evaluasi pencapaian prestasi Jawa Tengah mengingat Jateng belum memenuhi target yang telah ditetapkan.

[Baca juga Begini Klasemen Akhir Perolehan Medali…]

“Ya memang ada yang di luar perkiraan kita. Seperti takraw yang di kejurnas kita juara umum, di sini kita justru kalah. Padahal pemain dan lawannya sama. Nah ini ada apa, itu yang akan menjadi evaluasi kami,” ujar Urip saat ditemui di acara penutupan Popnas XIV 2017 di Simpang Lima, Kota Semarang, Jateng itu.

Advertisement

Mengenai tak terpenuhinya sebagian target itu, Urip sebagaimana dikutip Tim Humas Popnas Jateng dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Rabu malam, menambahkan akan ada pembinaan khusus untuk meningkatkan prestasi atlet Jateng, mengingat akan ada banyak kejuaraan yang akan mereka hadapi di waktu mendatang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif