Jateng
Kamis, 21 September 2017 - 01:50 WIB

POPNAS 2017 : Pertina Lega Petinju Jateng Sumbang Emas

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi medali emas Popnas XIV 2017 di Jateng. (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Tim Humas Popnas Jateng)

Popnas XIV 2017 akhirnya diakhiri tim tinju Jateng dengan membawa pulang sekeping medali emas.

Semarangpos.com, SEMARANG — Tim tinju Jateng akhirnya mampu juga meraih medali emas Pekan Olahraga Pelajar Nasional  (Popnas) XIV 2017. Dari tiga petinju yang tampil di babak final pada hari terakhir pertandingan, Rabu (20/9/2017), salah satu petinju Jateng berhasil menduduki peringkat pertama.

Advertisement

Medali emas semata wayang tinju Jateng itu disumbangkan oleh atlet asal Cilacap, Firas Saputra. Turun di final kelas fin 48 kg putra di venue tinju Popnas XIV 2017, di Auditorium Universitas Negeri Semarang (Unnes), Sekaran Gunungpati, Kota Semarang, Jateng, Firas menaklukkan petinju Riau, Muhammad Rabbil dengan kemenangan angka.

Sebelumnya, dua petinju putri Jateng, yaitu Aisyah Al Jupri (layang 51 kg) dan Nihayatul Maula (bantam 54 kg), kandas di laga final. Aisyah dikalahkan Alfianita Kartika (Jabar) dengan angka, sedangkan Nihayatul kalah RSC ronde kedua dari Erniaty Ngongo (NTT).

Dengan perolehan tiga keping medali pada hari terakhir pelaksanaan Popnas XIV 2017 itu, tim tinju tuan rumah mengoleksi sekeping medali emas, dua perak dan satu perunggu. Medali perunggu diberikan Rukanah di kelas layang ringan 48 kg putri.

Advertisement

Firas, petinju PPLOP yang bernaung di Sasana Alap-Alap TJ Cilacap menyatakan rasa syukurnya atas emas yang diraih. Pemenang dua kali kejurprov itu mengaku memang berobsesi merebut emas di ajang Popnas XIV 2017 ini. “Kepada pelatih saya bilang akan ikut menambah emas untuk kontingen Jateng,” kata siswa kelas XI SMAN 11 Semarang itu.

[Baca juga Begini Klasemen Akhir Perolehan Medali…]

Atas prestasi itu, Ketua Umum Pengprov Pertina Jateng Simon Legiman melalui putranya yang ikut menyaksikan partai final, Rolla Otta, siap memberikan bonus.”Sejauh ini baru medali emas yang sudah pasti jumlahnya yaitu Rp 5 juta,” katanya sebagaimana dikutip Tim Humas Popnas Jateng dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Rabu malam.

Advertisement

Sekum Pengprov Pertina Soedjatmiko mengaku lega atas raihan satu emas di Popnas. Dia menyebut, peraihan medali cabang olahraga tinju bagi Jateng pada Popnas XIV 2017 ini sesuai target yang direncanakan, meskipun sebetulnya ada peluang emas juga di sektor putri.

“Kami lega, meskipun sebenarnya ada peluang dua emas. Tapi yang jelas inilah prestasi terbaik yang kami dapat. Anak-anak sudah tampil maksimal. Setelah ini, tentu akan ada evaluasi bersama ketua umum. Mungkin pas penyerahan bonus nanti,” kata wakil sekjen PP Pertina itu.

Di cabang tinju Popnas XIV 2017 ini, Jabar tampil sebagai juara umum dengan perolehan lima medali emas dan satu medali perak, disusul Kalteng (2-0-0) dan Riau (1-3-1).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif