Jogja
Kamis, 21 September 2017 - 05:22 WIB

KORUPSI GUNUNGKIDUL : Jaksa Naik Banding, Ini Kata Pihak Terdakwa

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tampilan baru website Sheraton Mustika Jogja Resort & Spa. (Istimewa)

Korupsi Gunungkidul, proses hukum di Desa Bunder masih berjalan terus

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Jaksa Penuntut Umum memastikan akan melakukan banding terhadap putusan hakim dalam kasus korupsi APBDes Bunder dengan terdakwa Kabul Santoso. Rabu (20/9/2017) tim dari Kejaksaan Negeri Gunungkidul menyerahkan memori banding ke Pengadilan Tipikor DIY.

Advertisement

Baca Juga : KORUPSI GUNUNGKIDUL : Kasus Desa Bunder, Jaksa Serahkan Memori Banding ke Pengadilan Tipikor

Penasehat Hukum Kabul Santosa, Suraji Noto Suwarno mengakui pihaknya tidak mempermasalahkan adanya banding yang dilakukan jaksa. Menurut dia, pengajuan tersebut merupakan hal yang lumrah dalam persidangan.

“Sejak awal kami sudah menduga, apalagi putusan yang dijatuhkan kurang dari 2/3 tuntutan. Jadi bukan masalah saat ada banding dari tim jaksa,” kata Suraji, Rabu (19/9/2017).

Advertisement

Menurut dia, pihaknya akan mempersiapkan semaksimal mungkin materi untuk melawan argumentasi terhadap materi banding yang dilakukan oleh jaksa.

“Kami akan siapkan materi untuk bahan argumen di pengadilan tinggi,” ujarnya.

Kepala Desa Bunder, Patuk Kabul Santosa terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi sehingga divonis penjara satu tahun tiga bulan penjara. Vonis ini lebih ringan tujuh bulan dari tuntutan jaksa penuntut umum yang meminta Kabul dihukum dua tahun penjara.

Advertisement

Untuk diketahui, kasus ini mencuat saat Kabul dituduh melakukan penyimpangan terhadap sepuluh item bangunan mulai dari kios, jembatan, sampai pagar bangunan yang diperuntukkan untuk desa. Modus yang digunakan adalah dengan mengurangi volume bahan bangunan dari yang telah ditetapkan dengan kerugian negara sebesar Rp137,9 juta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif