Soloraya
Kamis, 21 September 2017 - 17:30 WIB

Jatuh di Puncak Merapi, Pendaki Terguling dan Pingsan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Musiri, pendaki Merapi yang jatuh saat menuju Pasar Bubrah, beristirahat di Ruang IGD RSUD Pandang Arang Boyolali, Kamis (21/9/2017). (Akhmad Ludiyanto/JIBI/Solopos)

Seorang pendaki jatuh saat turun dari puncak Merapi menuju Pasar Bubrah hingga terguling dan pingsan.

Solopos.com, BOYOLALI — Musiri, 30, seorang pendaki, terjatuh saat turun gunung di kawasan Pasar Bubrah, Gunung Merapi, Kamis (21/9/2017). Warga Desa Kaligenthong, Kecamatan Ampel, Boyolali, itu mengalami luka-luka di bagian dagu, kuping, dan kakinya.

Advertisement

Insiden itu terjadi sekitar pukul 06.30 WIB saat dia turun gunung bersama lima rekan setimnya dari kelompok pecinta alam Putra Merbabu. Rombongan tersebut baru saja menikmati pemandangan matahari terbit dari puncak Merapi dan hendak turun menuju Pasar Bubrah, lokasi para pendaki mendirikan tenda.

Namun belum sampai ke tenda, Musiri tiba-tiba tersandung batu dan jatuh tersungkur hingga badannya terguling di bebatuan. Rekan Musiri, Tri Wahyudi, 39, mengatakan, korban diduga terantuk batu saat jatuh sehingga tidak sadarkan diri. Selain itu, benturan keras juga menyebabkan dagu, kuping, dan kedua kakinya mengalami luka.

Melihat kejadian itu, Tri dan teman-teman lain langsung berusaha meraih dan menolong Musiri. “Mungkin kepala kena batu, jadi dia sempat pingsan beberapa saat. Beberapa bagian tubuhnya juga luka-luka,” ujarnya saat ditemui di sela-sela menemani Musiri di RSUD Pandang Arang, Boyolali.

Advertisement

Setelah Musiri siuman, teman-temannya memberikan air minum dan membersihkan lukanya. Musiri juga sempat muntah sehingga teman-teman khawatir Musiri mengalami gegar otak atau luka dalam. Tak membuang waktu, teman-teman setim dan pendaki lain yang melintas di jalur yang sama berusaha mengevakuasi korban turun gunung dengan tandu darurat.

Sementara itu, Tri bergegas turun ke basecamp SAR di Selo untuk meminta bantuan. Beberapa saat kemudian tim SAR naik menjemput Musiri membawa perlengkapan rescue.

“Tim rescue naik, sedangkan teman-teman yang membawa Musiri juga turun sehingga kami bertemu di pos I dan selanjutnya meneruskan perjalanan turun. Sampai di bawah, tim SAR lain sudah siap dengan armada mobil milik Polsek Selo untuk membawa Musiri ke puskesmas Selo,” imbuh Tri yang merupakan warga Bayat, Klaten.

Advertisement

Namun untuk penanganan lebih lanjut, Musiri dirujuk ke RSUD Pandan Arang Boyolali dan dampai di Ruang IGD setempat sekitar pukul 13.40 WIB. Dokter menyatakan tak ada masalah selain luka luar. Saat ditanya apakah dia mengingat penyebab jatuhnya, Musiri mengaku tidak ingat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif