News
Selasa, 19 September 2017 - 22:00 WIB

Menkum HAM Sebut Ada yang Eksploitasi Isu Kebangkitan Komunisme

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menkumham Yasonna H. Laoly berdialog dengan tahanan di dalam Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Kota Pekanbaru, Riau, Minggu (7/5/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Priyatno)

Menkum HAM menyebut ada pihak-pihak yang sedang mengeksploitasi isu kebangkitan komunisme dan PKI.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly menilai ada pihak yang tengah melakukan eksploitasi isu komunisme dan rumor kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Advertisement

Yasonna memaparkan sejatinya rakyat sudah lelah dan malas dengan isu bangkitnya komunisme dan PKI. Menurutnya, lebih baik pihak-pihak tersebut mengerjakan sesuatu yang lebih positif daripada menebar isu tersebut.

“Jangan dibuat menjadi permainan politik. Itu kan mengeksploitasi isu. Jadi [mereka] kan kehabisan isu, jadi dieksploitasilah. Banyak kerjaan positif yang bisa kita kerjakan. Enggak usah susah-susah menciptakan yang tidak jelas,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (19/9/2017).

Menurutnya, menebar isu PKI serupa dengan mimpi di siang bolong. Yasonna mengatakan tidak ada lagi yang disebut PKI. Apalagi hal itu sudah dilarang baik oleh undang-undang maupun Tap MPR. Baca juga: Tuding Acara YLBHI Berbau Komunis, Kivlan Zein Klaim Punya Orang Dalam.

Advertisement

“Itu untuk apa itu dibangkit-bangkitkan hantu yang sudah mati? Lihat saja di dunia ini. Jadi apa yang ditakuti lagi? Itu sudah histori.”

Terkait adanya wacana untuk memperbarui film mengenai sejarah Gerakan 30 September 1965, Yasonna juga menyatakan masyarakat sudah sangat terbuka dan dewasa melihat sejarah.

“Saya kira masyarakat sudah sangat dewasa melihat fakta-fakta yang ada. Saya kira masyarakat kita sudah dewasa. [detail filmnya biar] ahli-ahli sejarah saja yang lebih kompeten.”

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif