Teknologi
Selasa, 19 September 2017 - 12:10 WIB

Google Doodle Hari Ini Tampilkan Sosok Amalia Hernandez

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Amalia Hernandez di laman Google hari ini, Selasa (19/9/2017).

Amalia Hernandez mengembangkan Ballet Folklorico de Mexico, yang biasa membawa tarian dan musik Meksiko ke seluruh dunia.

Solopos.com, SELASA – Google hari ini, Selasa (19/9/2017). memajang sosok Amalia Hernandez di laman Doodle. Koreografer yang mendirikan kelompok Ballet Folklorico de Mexico adalah salah satu tokoh yang cukup disegani.

Advertisement

Hernandez, seorang penari dan koreografer, lahir pada tahun 1917, dan menari untuk sebagian besar hidupnya. Dia mungkin paling dikenal karena telah mengembangkan Ballet Folklorico de Mexico, yang biasa membawa tarian dan musik Meksiko ke seluruh dunia.

Hernandez yang lahir di tahun 1917 ini memang bersemangat untuk tampil di hadapan publik dan menampilkan sebuah tarian. Dalam karirnya, Amalia Hernandez menjadi koreografer di Fine Arts National Institute dimana ia juga belajar tarian modern.

Meski tarian modern tak kalah menarik, Hernandez mengalihkan perhatiannya pada tarian rekyat Meksiko tradisional. Ia menggabungkan tarian itu dengan gerakan koreografi yang tidak formal sehingga membantu menciptakan gaya tarian baru, yang dikenal sebagai baile folklorico.

Advertisement

Pada 1952 Amalia Hernandez mendirikan Ballet Folklorico de Mexico, dimulai dengan hanya delapan penari. Namun kelompok itu kemudian berkembang hingga lebih dari 300 penari.

Kelompok itu memulai debutnya di televisi pada tahun 1954. Mereka kemudian tampil dalam siaran televisi mingguan. Pencapaian ini memungkinkan kelompok yang didirikan Hernandez untuk tur ke Amerika Utara. Mereka bahkan menjadi perwakilan Meksiko dalam ajang Pan American Games pada 1959.

Hingga saat ini, kelompok Ballet Folklorico de Mexico masih eksis di dunia tari. Sejak didirikan, kelompok ini telah tampil dihadapan publik hingga lebih dari 22 juta orang.

Advertisement

Amalia Hernandez sendiri masih terlibat dengan kelompok tari yang didirikannya hingga ia menutup usia pada tahun 2000. Dalam aktivitasnya di Ballet Folklorico de Mexico, ia juga didampingi oleh anak perempuan beserta cucunya.

Dinobatkannya Amali Hernandez dalam Google Doodle hari ini adalah untuk merayakan ualng tahunnya yang ke 100. Berkat kiprahnya di dunia tari tradisional, ia dikenang sebagai duta budaya Meksiko yang warisannya tetap eksis melalui Ballet Folklorico.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif