Universitas Slamet Riyadi Solo (foto: lokanesia.com) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo (lokanesia.com)
Selasa, 19 September 2017 06:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id.

Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada 2017 ini telah menetapkan peringkat perguruan tinggi di Indonesia. Pemeringkatan ini menggunakan sistem pengelompokan atau klaster.

Pemeringkatan ini dilakukan dengan menilai empat komponen utama. Pertama, kualitas sumber daya manusia. Kedua, kualitas kelembagaan. Ketiga, kualitas kegiatan kemahasiswaan. Keempat, kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

Pada 17 Agustus 2017 lalu diumumkan pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia klaster I untuk tahun 2017 diikuti dengan pengumuman peringkat 100 besar perguruan tinggi nonpoliteknik dan 25 besar perguruan tinggi politeknik di Indonesia yang diumumkan pada 21 Agustus 2017.

Hal yang menarik untuk dikaji adalah hanya tiga perguruan tinggi di Soloraya yang berhasil menembus peringkat 100 besar perguruan tinggi nonpoliteknik dan 25 besar perguruan tinggi politeknik di Indonesia pada 2017 ini.

Peguruan tinggi tersebut adalah Universitas Sebelas Maret (peringkat ke-11), Universitas Muhammadiyah Surakart (peringkat ke-69), dan Universitas Slamet Riyadi (peringkat ke-94).

Soloraya memiliki kurang lebih 64 perguruan tinggi, namun ternyata hanya satu perguruan tinggi negeri dan dua perguruan tinggi swasta yang mampu menembus 100 besar pemeringkatan ini.

Tiga perguruan tinggi di Soloraya yang mampu menembus 100 besar perguruan tinggi nonpoliteknik di Indonesia pada 2017 ini layak diapresiasi.

Universitas Sebelas Maret yang berdiri pada11 Maret 1976 meraih peringkat ke-11. Peringkat ini naik satu tingkat dari tahun sebelumnya yang berada di peringkat ke-12. Pada pemeringkatan lain, Universitas Sebelas Maret mampu meraih peringkat ke-5 dari 100 universitas terbaik di Indonesia versi 4 International Colleges & Universities (4ICU) yang diliris pada 29 Juli 2017 lalu.

Selanjutnya adalah: Perguruan tinggi swasta di bawah Persyarikatan Muhammadiyah…

lowongan pekerjaan
marketing, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…