News
Senin, 18 September 2017 - 21:40 WIB

Polisi Buru Pembuat Hoax Isu PKI di YLBHI

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Massa mengepung dan melakukan orasi di depan kantor Lembaga Bantuan Hukum Jakarta, Minggu (17/9/2017) malam. Pihak LBH Jakarta dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Aziz membantah kegiatan itu terkait PKI. (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Adimaja)

Polisi sedang memburu pembuat dan penyebar hoax tentang isu PKI yang memicu aksi massa terhadap Kantor YLBHI.

Solopos.com, JAKARTA — Polisi memburu pihak yang memproduksi dan menjadi penyebar konten hoax yang menyebut Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) akan mengadakan acara yang memuat penyebaran paham komunis di Indonesia.

Advertisement

Pasalnya, pesan berantai yang disebarkan lewat aplikasi pesan instan Whatsapp dan media sosial ini membuat ratusan orang mendatangi kantor YLBHI. Tak cukup sampai di situ, sebagian massa yang tidak mengindahkan penjelasan dari polisi bersikukuh masuk ke dalam gedung hingga melakukan aksi anarkis.

“Pasti [akan ditelusuri]. Kami mampu menelusuri itu,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di Lapangan Tembak Senayan, Senin (18/9/2017).

Akibat aksi anarkis massa, lima orang petugas polisi mengalami luka-luka sementara sejumlah fasilitas umum dan kendaraan anggota Polri juga ikut rusak.

Advertisement

Terkait aksi anarkis ini, Polda Metro Jaya telah mengamankan 22 orang yang masih terus diperiksa. Namun, menurut Setyo, polisi belum menemukan siapa aktor di balik pembuatan dan penyebaran berita hoax yang membuat masyarakat berkumpul hendak menggeruduk kantor YLBHI.

Dalam kesempatan yang berbeda, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis menyebut ke-22 orang tersebut akan menjalani pemeriksaan selama 24 jam terhitung sejak ditangkap tadi malam.

“Nanti setelah 24 jam akan disampaikan apakah yang bersangkutan bisa ditetapkan sebagai tersangka atau tidak,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif