Jogja
Senin, 18 September 2017 - 15:20 WIB

Golkar Bidik 9 Kursi di Bantul

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bendera Partai Golkar (JIBI/Solopos/Dok.)

Partai Golkar menargetkan dapat meraih sembilan kursi di DPRD Bantul pada pemilihan legislatif (pileg) 2019 mendatang

Harianjogja.com, BANTUL–Partai Golkar menargetkan dapat meraih sembilan kursi di DPRD Bantul pada pemilihan legislatif (pileg) 2019 mendatang. Target tersebut mulai berusaha diwujudkan dengan beragam langkah, salah satunya dengan melantik dan mengukuhkan seluruh pimpinan kecamatan (PK) se-Bantul pada Minggu (17/9/2017).

Advertisement

Ketua DPD Partai Golkar Bantul Paidi menyebut pelantikan jajaran pengurus di tingkat kecamatan ini merupakan salah satu langkah pengoptimalan mesin politik hingga ke lapisan bawah.

Selain PK, DPD Partai Golkar juga membidik pembentukan struktur kepengurusan hingga ke tingkat desa. Sebab mesin politik di tingkat bawah ini dianggap efektif karena bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Paidi mengatakan di pileg 2019 mendatang pihaknya menaikkan target. Pada pileg 2014 lalu, Partai Golkar berhasil mengamankan lima dari 45 kursi di DPRD Bantul yang diperebutkan. Menurutnya ada sejumlah keuntungan bila Partai Golkar sanggup meraup 20% kursi di DPRD.

Advertisement

Tak hanya jatah kursi di unsur pimpinan DPRD, DPD Partai Golkar juga tak kesulitan untuk mengusung calon bupati dan wakil bupati sendiri. Paidi mengklaim telah mengantongi satu nama kader yang digadang-gadang diusung maju menuju kursi Bantul satu.

“Tapi masih sebatas spekulasi. Bisa mendukung incumbent atau calon sendiri lihat nanti,” katanya ditemui di sela pelantikan 17 PK periode 2017-2019 di Gedung Gapensi.

Paidi menyebut alasan yang mendorong DPD Partai Golkar percaya diri dapat meraih target adalah kualitas kandidat calon legislatif yang bakal bertarung pada pileg 2019 dan ada lima pejabat di lingkungan pemkab Bantul yang berencana maju sebagai calon legislatif (caleg) dari partainya.

Advertisement

Bahkan menurutnya para pejabat yang bakal memasuki pensiun ini sudah intens berkomunikasi dengan partai. Namun Paidi masih merahasiakan identitas kandidat caleg dari kalangan birokrat ini.

Sekretaris DPD Partai Golkar DIY, Agus Subagyo juga tak menampik bahwa ada beberapa calon birokrat di lingkungan pemkab Bantul yang melirik Partai Golkar. Menurutnya hal tersebut menunjukkan bahwa Partai Golkar merupakan kandidat kuat pada pileg 2019. Kendati begitu, pihaknya mengingatkan pentingnya peran seluruh jajaran pengurus di tingkat bawah.”Semua harus turun,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif