Jateng
Minggu, 17 September 2017 - 02:50 WIB

PERDAGANGAN EMAS : Emas Batangan Sumbang 20% Penjualan Semar

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Situasi salah satu toko emas Semar Nusantara. (thepicta.com)

Perdagangan emas batangan menyumbang sekitar 20% penjualan Toko Emas Semar Nusantara di Kota Semarang, Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — Produk emas batangan atau logam mulia menyumbang kontribusi sekitar 20% dari perdagangan seluruh produk emas yang ditawarkan Toko Emas Semar Nusantara. “Investasi emas sekarang memang semakin diminati,” aku Alpin Gotama, salah seorang owner Toko Emas Semar Nusantara, saat pembukaan cabang baru di Jl. Jenderal Sudirman 251, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (16/9/2017).

Advertisement

Dengan pembukaan gerai baru tersebut, Semar Nusantara kini punya dua gerai di Kota Semarang, Jateng, yakni di Kranggan Barat dan Jl. Sudirman. Dua toko emas di Kota Semarang itu hanyalah dua dari puluhan cabang toko emas grup Semar yang tersebar di berbagai daerah, di Semarang Raya, Solo Raya, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Alpin mengakui produk emas batangan dari Semar Nusantara yang dinamai Semar Gold (SMG) 24 karat menjadi alternatif investasi dari produk serupa yang ditawarkan kompetitor lain. “Investasi emas dipilih karena lebih menguntungkan, dibandingkan, misalnya tanah. Orang tahunya investasi tanah nomor satu. Tetapi, kan menjual tanah membutuhkan waktu lama,” katanya.

Berbeda dengan perhiasan emas, kata dia, ketika masyarakat membutuhkan dana, maka ia tinggal datang ke toko emas untuk menjualnya dan tidak butuh waktu lama pasti dananya akan cair. “Kalau di Semar Nusantara, kami jamin selisih harga produk yang dibeli ketika dijual tidak akan terlalu banyak. Jadi, konsumen tetap merasa aman dan untung membeli emas,” katanya.

Advertisement

Dari seluruh produk yang dijual Emas Nusantara, kata dia, permintaan konsumen terhadap produk SMG 24 karat memang cukup tinggi, yakni sekitar 20% dari seluruh transaksi perdagangan grup toko emas itu dan diprediksi bakal terus meningkat.

Sementara itu, Store Manager Toko Emas Semar Nusantara, Wagini, menjelaskan produk SMG 24 karat ditawarkan dalam berbagai varian, mulai 1 garm hingga 100 gram dengan harga sekitar Rp550.000/gram. “Orang kan tahunya logam mulia, emas batangan. Kami juga punya SMG 24 dengan kadar sama 99% yang menjadi produk Semar Nusantara. Harga sekarang Rp550.000/gram,” katanya.

Namun, kata dia, harga emas bisa berubah setiap harinya mengikuti fluktuasi harga emas dunia meskipun kecenderungan dari tahun ke tahun mengalami kenaikan, sehingga investasi emas semakin diminati. Apalagi, ia menyebutkan selisih harga jual-beli produk SMG 24 ketika dijual juga relatif stabil dibandingkan produk lain, yakni sekitar Rp3.000/gram-Rp15.000/gram sehingga konsumen pasti untung.

Advertisement

“Kalau melihat tren sejak dulu, harga emas secara jangka panjang relatif naik. Ya, memang bisa berubah per hari, tetapi trennya naik. Seperti dari awal 2017 hingga sekarang,” katanya.

Wagini menambahkan grup toko emas Semar Nusantara  ingin memberikan pelayanan lebih kepada pelanggan dengan pembukaan cabang baru di di Jl. Jenderal Sudirman, Kota Semarang tersebut. Pelayanan lebih baik itu juga diwujudkan dengan produk yang lebih bervariasi dengan toko lain dan juga didukung lahan parkir yang lebih luas.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif