Jogja
Minggu, 17 September 2017 - 10:20 WIB

PEMKOT JOGJA : Dinas Kebudayaan Gelar Potensi Kelurahan Budaya

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dinas Kebudayaan Kota Jogja menggelar Gelar Potensi Kelurahan Budaya (IST)

Pemkot Jogja memiliki agenda mengenalkan potensi masing-masing wilayah

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Kebudayaan Kota Jogja melangsungkan kegiatan Gelar Potensi Kelurahan Budaya di Jalan Kartini, Sagan, Yogyakarta. Acara berlangsung pada 14-16 September 2017 tersebut diawali dengan pawai kesenian dan potensi 45 kelurahan sekota Jogja.

Advertisement

Dinas Kebudayaan Kota Jogja menggelar Gelar Potensi Kelurahan Budaya (IST)

Menurut Ketua Panitia Gelar Potensi Kelurahan Budaya, Dinas Kebudayaan Kota Yogya, Fitri Dyah Anggraini kegiatan ini merupakan bentuk pengenalan potensi budaya ke masyarakat luas.

“Semenjak Terban dan Kricak ditetapkan sebagai kelurahan budaya, sudah menjadi konsekuensi bagi Kota Jogja untuk mengawal 2 kelurahan beserta 18 kelurahan rintisan budaya untuk melestarikan potensi seni dan budaya ditempat tersebut,” ungkapnya, Sabtu (16/9/2017) seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com terima.

Advertisement

Kegiatan perdana ini, dapat dikatakan sebagai kawah candradimuka bagi kelurahan untuk memberikan suguhan kesenian, adat tradisi, bahasa sastra, aksara, kerajinan hingga permainan tradisional “Tak hanya itu, saat kelurahan budaya mendapat Surat Keputusan DIY Nomor 262/KEP/2016 mengenai Kelurahan Budaya, otomatis hal-hal yang tertuang seperti warisan budaya, bangunan, kuliner dan tata ruang juga masuk didalamnya” tambah sosok periang tersebut.

Dalam hal inovasi, setiap kelurahan budaya dan kelurahan rintisan budaya memiliki dinamika perkembangan yang beragam. Hal ini terjadi karena setiap wilayah memiliki kendala yang berbeda. Saat beberapa kelurahan aktif, dapat muncul sejumlah inovasi. Namun ada pula yang memiliki kekurangan lain seperti tempat latihan yang tak memadai, SDM serta masalah lain yang tentunya berpengaruh pada perkembangan kesenian dimasing-masing wilayah.

Dinas Kebudayaan Kota Jogja menggelar Gelar Potensi Kelurahan Budaya (IST)

Advertisement

“Melalui kegiatan ini diharapkan masing-masing kelurahan dapat saling bertukar informasi, sharing kendala sekaligus perkembangan demi kemajuan bersama,” tukasnya ramah.

Sebagai informasi, hari pertama Gelar Potensi Kelurahan Budaya akan dimeriahkan oleh penampilan barongsai, Jathilan Kreasi Baru, Tari Aceh, Tarian Super Anoman dengan bintang tamu Gamelis Gamler. Hari kedua, acara akan berlangsung dengan menghadirkan Tarian Cipat Cipit, Keroncong, El Mariachi, Emperan Akustik dengan bintang tamu Plenthonk Konslet. Hari terakhir, akan ada persembahan Dolanan Anak, Tari Lenggot Siwi, Tari Topeng Ngreni, Keroncong VOC serta penampilan solois kenamaan, Dinno Alshan.

Advertisement
Kata Kunci : Pawai Jogja Pemkot Jogja
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif