Jogja
Minggu, 17 September 2017 - 07:23 WIB

KOMODITAS PANGAN : Harga Telur dan Daging Ayam Masih Mahal, Sampai Kapan?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lapak daging ayam potong di Pasar Kranggan tidak banyak didatangi pembeli, selain mahal, daya beli masyarakat juga tengah turun, Jumat (15/9/2017). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Komoditas pangan untuk sejumlah bahan makanan masih berharga tinggi

Harianjogja.com, JOGJA — Harga telur ayam dan daging ayam broiler di pasaran masih cenderung tinggi. Selain mahal, daya beli masyarakat juga sedang turun.

Advertisement

“Karena sekarang ini banyak orang yang bikin hajat. Permintaan telur ayam dari langganan saya turun. Kebanyakan pelanggan saya pedagang bakmi jawa,” ujar Sum, pedagang telur di Pasar Kranggan, Jumat (15/9/2017).

Sum memaparkan pelanggannya sebagian besar adalah penjual bakmi jawa yang kebanyakan berdomisili di Wonosari, Gunungkidul. Banyaknya acara hajatan, membuat warung-warung bakmi jawa tutup, sehingga permintan telur ayam di kios sembakonya turun.

“Soalnya penjual bakmi pada enggak jualan. Karena sebagian besar pelanggan saya mereka. Kalau bumbu-bumbuan sekarang pada turun,” ungkap Sum.

Advertisement

Harga bawang merah di pasar ini rerata dijual dengan harga Rp25.000 untuk jenis bawang merah kualitas baik. Sedangkan untuk bawang putih sudah mulai turun banyak menjadi Rp25.000 per kilogram untuk jenis kating, sedangkan untuk jenis sinco Rp20.000 per kilogram.

Selain harga telur, harga daging ayam potong juga masih mahal. Rerata harga daging ayam broiler dipatok antara Rp30.000 sampai Rp32.000 di pasar ini. Tingginya harga daging ayam, membuat pedagang daging ayam di pasar ini mengurangi dagangannya.

“Biasanya setiap hari bisa motong 60 sampai 100 potong, hari ini [kemarin] hanya kurang dari 50 potong,” ungkap Sumar, pedagang daging ayam di Pasar Kranggan.

Advertisement

Sementara itu, berdasarkan data pantauan Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, selama pantauan sepekan harga sejumlah komoditas relatif stabil. Untuk harga komoditas cabai merah keriting berkisar Rp16.600 per kilogram dan cabai rawit merah dipatok Rp12.300 per kilogram.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif