Entertainment
Minggu, 17 September 2017 - 22:10 WIB

Gara-Gara Perankan Inul Daratista, OVJ Disemprit KPI

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

OVJ mendapat surat peringatan dari KPI Pusat karena menampilkan pria berpenampilan layaknya wanita.

Solopos.com, SOLO – Program siaran komedi Opera Van Java atau OVJ mendapat surat peringatan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Jumat (8/9/2017). Peringatan ini diberikan karena OVJ menayangkan seorang pria yang memerankan Inul Darasista dengan berpakaian, berperilaku, dan berdandan layaknya seorang wanita.

Advertisement

Berdasarkan pemantauan dan hasil analisis yang dilakukan KPI Pusat sebagaimana diberitakan di situs Kpi.go.id, Jumat (17/9/2017), program acara OVJ yang ditayangkan stasiun Trans 7 pada 5 September 2017 pukul 20.08 WIB, tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan remaja dan penggolongan program siaran yang telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI tahun 2012.

Menurut Komisioner KPI Pusat, Mayong Suryo Laksono, adegan seorang pria yang memerankan dengan berpakaian, berperilaku, dan berdandan layaknya seorang wanita berpotensi melanggar Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a SPS KPI Tahun 2012 tentang perlindungan remaja dan larangan muatan yang mendorong remaja belajar perilaku tidak pantas atau membenarkan perilaku tidak pantas pada program siaran klasifikasi R.

“Berlandaskan hal itulah kami memutuskan memberi peringatan. Peringatan ini merupakan bagian dari pengawasan KPI Pusat terhadap pelaksanaan peraturan serta P3 dan SPS oleh lembaga penyiaran, sebagaimana diamanatkan dalam UU Penyiaran,” jelas Mayong.

Advertisement

Mayong juga berharap Trans 7 lebih berhati-hati dalam menyajikan sebuah program siaran dan senantiasa menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan dalam penayangan sebuah program siaran.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif