Sport
Jumat, 15 September 2017 - 21:25 WIB

LIGA INGGRIS : Liverpool Vs Burnley: Momentum Coutinho Curi Perhatian

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Philippe Coutinho (JIBI/REUTERS/Phil Noble)

Liga Inggris akan menyajikan duel Liverpool vs Burnley

Solopos.com, LIVERPOOL — Mengecewakan. Begitulah hasil dalam dua pertandingan terakhir Liverpool di semua kompetisi sebelum menjamu Burnley di Anfield, Sabtu (16/9/2017) pukul 21.00 WIB.

Advertisement

The Reds, julukan Liverpool, sepertinya tidak belajar dari kesalahan saat dihajar Manchester City 0-5 di Liga Premier, Sabtu (9/9/2017). Itu terbukti, Liverpool hanya bisa bermain imbang 2-2 kontra Sevilla di Anfield. Padahal, Roberto Fimirno dkk. sempat unggul 2-1 dan mendapat hadiah penalti yang memberi kesempatan emas untuk memenangi bentrok di Liga Champions tersebut.

Pasukan Jurgen Klopp pun berambisi bangkit dari dua hasil minor tersebut saat menjamu Burnley. Namun, misi The Reds untuk bangkit tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi, tim asal Merseyside ini akan turun tanpa Sadio Mane yang terkena skors tiga laga karena menendang kepala kiper Manchester City, Ederson.

Padahal, Mane menjadi salah satu tumpuan keganasan serangan Liverpool. Pergerakannya dari sayap kiri kerap mengiris pertahanan lawan dan membuka peluang gol. Musim ini, Mane telah menyokong tiga gol bagi The Reds di Liga Premier.

Advertisement

Dalam catatan Opta, Liverpool hanya menang lima kali (42%) dalam 12 laga  Liga Inggris ketika Mane tidak berada dalam starting XI sejak Agustus 2016. Bandingkan saat Mane masuk line-up, persentase kemenangan Liverpool mencapai 63%.

Tanpa Mane, Klopp mau tak mau akan mengandalkan Philippe Coutinho di sisi kiri serangan timnya. Pemain berjuluk Pesulap Kecil itu sudah turun membela The Reds melawan Sevilla sejak kisruh kegagalannya pindah ke Barcelona musim panas lalu.

Namun, pemain yang pernah dipanggil David Blaine (pesulap) oleh rekan-rekan setimnya itu, hanya dijajal sekitar 15 menit sejak turun dari bangku cadangan. Duel kontra Burnley bakal menjadi momentum Pesulap Kecil untuk menunjukkan kembali aksi magisnya.

Advertisement

“Ini [skors] tidak mudah bagi saja, karena saya selalu suka bermain dan membantu tim meraih kemenangan. Namun kami punya kualitas bagis dan saya pikir teman-teman bisa melakukannya,” jelas Mane seperti dilansir liverpoolecho.co.uk, Jumat (15/9/2017).

“Phil [Coutinho] salah satu pemain terbaik, kami sangat senang dia kembali dan dia salah satu pemain penting kami untuk membawa kami lebih baik dan terus lebih baik. Dia pemain penting untuk Liverpool dan kami selalu membutuhkannya, kami senang dia kembali main,” sambungnya.

Selain Coutinho, Klopp memiliki opsi memainkan Alex Oxlade Chamberlain untuk membantu daya gedor timnya dari sayap kiri.  Coutinho dan Chamberlain harus bisa mengimbangi serangan Liverpool di sisi kanan yang dipercayakan kepada Mohamed Salah.

Namun, semua itu percuma jika Liverpool lagi-lagi gagal memperbaiki sektor pertahanan mereka. Klopp dalam posisi dilematis memainkan kiper Simon Mignolet atau Loris Karius. Ironisnya bukan lantaran keduanya memiliki catatan bagus, tapi karena sama-sama rentan kebobolan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif