News
Jumat, 15 September 2017 - 12:10 WIB

Lama Tak Terdengar, John Kei Dikabarkan Mualaf?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kabar John Kei mualaf diketahui melalui unggahan di Facebook Hanny Kristianto

Solopos.com, JAKARTA – Terpidana kasus pembunuhan berencana terhadap bos PT Sanex Steel Indonesia (SSI) Tan Harry Tantono, John Refra Kei alias John Kei dikabarkan msuk Islam. Kabar ini tersebar melalui tulisan dari akun Hanny Kristianto.

Advertisement

Hanny menyebut John Kei dituntun tim Mualaf Center Darussalam diwakili Harsha Agousta Brahma Sadewa dan ibu Jenderal Lisze Dewi Purnamawati. “LP. Batu Nusakambangan Cilacap memastikan niat John Kei masuk Islam,” tulisnya.

Mengutip sejumlah berita dari Antara yang diterbitkan Desember 2012, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) menjatuhkan hukuman 12 tahun penjara kepada John Kei pada 27 Desember 2012 lalu. Dia terbukti membunuh Bos PT Sanex Steel Indonesia Tan Harry Tantono alias Ayung.

Advertisement

Mengutip sejumlah berita dari Antara yang diterbitkan Desember 2012, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) menjatuhkan hukuman 12 tahun penjara kepada John Kei pada 27 Desember 2012 lalu. Dia terbukti membunuh Bos PT Sanex Steel Indonesia Tan Harry Tantono alias Ayung.

Namun Mahkamah Agung (MA) memperberat hukuman John Kei dari 12 tahun menjadi 16 tahun penjara. John Kei ditahan di rumah tahanan (Rutan) Salemba, namun tidak lama kemudian dia dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batu Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

John Kei diketahui bernama asli John Refra, sedangkan kata “Kei” merujuk pada kampung kelahirannya, yaitu Pulau Kei, Maluku Tenggara.

Advertisement

Melalui organisasi AMKEI John memulai bisnisnya sebagai debt collector. Dia dikenal memiliki banyak pendukung, dan kabarnya memiliki koneksi dengan sejumlah pejabat dan bos-bos dunia malam.

Kariernya sebagai debt collector semakin berkibar setelah kematian Basri Sangaji, tokoh pemuda asal Maluku Utara yang juga salah satu debt collector di Hotel Kebayoran Inn, Jakarta Selatan. Sebelumnya kelompok John Refra Kei dan Basri Sangaji saling bersaing memperebutkan nama besar di Jakarta.

Dikutip dari Wikipedia, Jumat, di balik kehidupan John Kei yang kelam, dia adalah sosok penyayang. Contoh kedermawanan John, dengan adanya pembangunan sebuah gereja dan rumah pastor di kampung halamannya di Pulau Kei. John di sana menjadi penasihat pembangunan gereja.

Advertisement

Selain membangun gereja, John juga memutuskan untuk membantu 20 rumah warga di Pulau Kei yang masih beratapkan jerami. Dia juga sempat membantu Umar Kei, keponakan John Kei, dengan memberikan lampu-lampu taman di halaman masjid. Maka tak heran, sosok John menjadi idola di keluarganya.

Berikut postingan akun Facebook Hanny Kristianto seperti dikutip Solopos.com, Jumat (14/9/2017) pagi WIB:

Bismillah,

Advertisement

Hari ini team Mualaf Center Darussalam diwakili Harsha Agousta Brahma Sadewa dan ibu Jenderal Lisze Dewi Purnamawati berangkat ke LP. Batu Nusakambangan Cilacap memastikan niat John Kei masuk Islam.

Sebelum memutuskan masuk Islam John Kei alias John Refra pemuda asal Tutrean, Pulau Kei pernah di juluki sebagai Godfather of Jakarta.

Sebesar apa pun dosa kita.. ampunan Allah jauh lebih besar dari dosa kita.. ampunan Allah terbuka luas bagi siapa saja yg ingin bertobat kepada-Nya. Bahkan Allah meminta manusia untuk tidak berputus asa dari rahmat-Nya

Katakanlah: Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Az Zumar 53).

Bagaimanapun buruknya penilaian orang terhadap John Kei, beliau adalah orang yang pernah turut berjasa menjaga saya, merawat saya, dan membesarkan saya sejak saya SMP hingga kuliah dulu.

Di balik sifat keras dan beringasnya sebenarnya John Kei adalah orang yang penyayang dan sangat peduli dengan saudara atau orang-orang yang sedang susah.

Belum ada kepastian mengenai unggahan Hanny Kristianto ini. Namun, sejumlah akun buzzer di media sosial dan warganet percaya dengan kabar itu. Unggahan ini langsung menjadi viral dan tersebar bersama dengan beredarnya foto-foto John Kei yang terlihat menggunakan peci.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif