Jogja
Kamis, 14 September 2017 - 10:22 WIB

PEMDA DIY : Dinas Perhubungan Wacanakan Lajur Khusus Trans Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bus baru Trans Jogja berwarna biru siap mengaspal, Rabu (25/5/2016). (Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja)

Pemda DIY tengah mempertimbangkan lajur khusus

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Perhubungan DIY, melalui Unit Pelaksana Teknis Trans Jogja, mengeluarkan wacana pembuatan lajur khusus Trans Jogja. Hal ini dilakukan supaya waktu tempuh angkutan umum tersebut semakin cepat dan tepat.

Advertisement

“Supaya layanan angkutan umum, khususnya Trans Jogja bisa optimal, perlu ada prioritas. Berkaca dari negara-negara lain dan paling dekat DKI Jakarta, maka harus dibuat lajur khusus bagi Trans Jogja,” jelas Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Trans Jogja Dinas Perhubungan DIY, Sumaryoto saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (13/9/2017).

Ia mengakui selama ini Trans Jogja belum banyak dilirik masyarakat karena waktu tempuhnya yang lumayan lama sehingga waktu antre di halte pun otomatis juga lama. Padahal, imbuhnya, masyarakat dewasa ini sangat membutuhkan ketepatan waktu seiring dengan aktivitas yang semakin bertambah.

Karena itulah pembuatan lajur khusus dipandang sebagai salah satu jawaban agar nantinya Trans Jogja, saat beroperasi, tidak diganggu kendaraan lain yang semakin hari kian menumpuk di jalan raya.

Advertisement

Sumaryoto menyampaikan karena keterbatasan kapasitas jalan, maka kemungkinan besar pembuatan lajur khusus hanya bisa di terapkan di seluruh ruas Ringroad serta dari Prambanan hingga Jalan Janti.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif