News
Kamis, 14 September 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 14 September

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lukisan karya A.F. Smirnov yang menggambarkan pembakaran Kota Moskow, 1813. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 14 September, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 14 September. Demi mengenangnya kembali, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 12 September, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Advertisement

786
Harun Ar-Rasyid resmi dinobatkan menjadi pemimpin Kekhalifahan Abbasiyah saat usianya masih 20 tahun. Ia menggantikan saudaranya, Musa bin Al-Mahdi Al-Hadi, yang meninggal dunia di hari yang sama. Harun Ar-Rasyid memimpin Kekhalifahan Abbasiyah hingga akhir hayatnya pada 24 Maret 809. Harun berhasil membawa Kekhalifahan Abbasiyah menuju masa keemasan yang lantas diteruskan penggantinya, Muhammad bin Harun al-Amin.

1808
Pertempuran antara pasukan Rusia dan pasukan Swedia meletus di wilayah Oravais, Finlandia. Salah satu pertempuran dalam Perang Finlandia itu berakhir dengan kemenangan Rusia. Pasukan Swedia harus kehilangan sekitar 740 tentaranya yang tewas di medan pertempuran dan 100 tentaranya yang ditangkap pasukan Rusia.

Advertisement

1808
Pertempuran antara pasukan Rusia dan pasukan Swedia meletus di wilayah Oravais, Finlandia. Salah satu pertempuran dalam Perang Finlandia itu berakhir dengan kemenangan Rusia. Pasukan Swedia harus kehilangan sekitar 740 tentaranya yang tewas di medan pertempuran dan 100 tentaranya yang ditangkap pasukan Rusia.

1812
Tentara Rusia bersama warga sipil membakar sejumlah bangunan di Kota Moskow. Hal itu dilakukan agar Moskow tak dikuasai pasukan Prancis pimpinan Napoleon Bonaparte. Benar saja, upaya itu berhasil membuat pasukan Prancis mundur dari Moskow.

1829
Kesultanan Ottoman dan Kekaisaran Rusia menandatangani Perjanjian Adrianople di Adrianople atau kini Edirne, Turki. Perjanjian tersebut ditandatangani demi mengakhiri Perang Rusia-Turki yang berlangsung sejak 1828. Dari perjanjian itu, Kesultanan Ottoman berjanji akan memberikan kelonggaran kepada Yunani dan Serbia untuk membentuk pemerintahan sendiri meski masih menjadi kekuasaan Ottoman.

Advertisement

1940
Sebanyak 158 warga sipil berkebangsaan Rumania di Ip, Salaj, Kerajaan Hungaria—kini menjadi wilayah Rumania—dibantai tentara Hungaria. Peristiwa itu merupakan upaya pemerintah Kerajaan Hungaria yang ingin membersihkan etnis Rumania dari wilayah kekuasaannya. Peristiwa tragis itu kini dikenang dengan nama Pembantaian Ip.

Wilayah Viannos di Pulau Kreta, Yunani sebelum dibumihanguskan pasukan Jerman, 1943. (Wikimedia.org)

1943
Pasukan Jerman membunuh sekitar 500 warga sipil di Viannos, Pulau Kreta, Yunani. Pembantaian terhadap warga sipil itu berlangsung sekitar tiga hari. Selain melakukan pembunuhan massal, tentara Jerman juga membumihanguskan rumah dan hasil panen milik warga Viannos.

Advertisement

1944
Kota Maastricht menjadi wilayah pertama di Belanda yang berhasil dibebaskan Sekutu dari cengkeraman Jerman. Sebelumnya, kota tersebut telah dikuasai Jerman sejak 1940.

1960
Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) atau Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi didirikan di Bagdad, Irak. OPEC merupakan organisasi yang bertujuan menegosiasikan masalah-masalah produksi, harga, dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak. Indonesia menjadi anggota OPEC sejak 1962. Namun pada 2008, Indonesia mengajukan pengunduran diri dari OPEC lantaran telah menjadi importir minyak sejak 2003 dan tak mampu memenuhi kuota produksi yang ditetapkan. Meski demikian, keanggotaan Indonesia hanya dibekukan hingga pada 2014 secara resmi kembali menjadi anggota OPEC.

Douglas Costa de Souza. (Espnfc.com)

Advertisement

1990
Douglas Costa de Souza lahir di Sapucaia do Sul, Brazil. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub besar di Jerman, Bayern Munchen. Costa bergabung dengan Bayern Munchen sejak 2015 silam. Namun pada jendela transfer musim panas 2017 ini, ia dipinjamkan ke klub raksasa di Italia, Juventus, untuk satu musim dengan biaya pinjaman mencapai 6 juta Euro. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 13 September
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 12 September
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 11 September

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif